Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Menggantung Bingkai Foto Menurut Aturan Vastu Shastra

JAKARTA, KOMPAS.com- Vastu shastra merupakan sistem arsitektur tradisional Hindu. Dalam vastu jika tata letak dan struktur pada ruangan diatur dengan sedemikian rupa makan dapat menarik energi baik ke dalam ruangan.

Menurut sistem vastu, ada beberapa aturan yang ideal untuk mengatur tata letak dalam rumah termasuk dekorasi dinding seperti bingkai foto dan karya seni.

Melansir dari Times of India, Kamis (28/4/2022), ada beberapa posisi di rumah yang dapat mendatangkan energi baik dan buruk jika kamu menambahkan dekorasi dinding di area tersebut.

Untuk menghindari energi negatif yang masuk ke dalam rumah, lakukan tips menggantung foto di dinding menurut vastu shastra berikut ini.

Foto keluarga

Jika kamu memiliki koleksi foto keluarga dan ingin menjadikannya sebagai dekorasi dinding, sebaiknya perhatikan tata letaknya.

Area terbaik untuk menggantung foto keluarga adalah di tembok pada posisi barat daya. Posisi ini dapat membuat ikatan keluarga menjadi lebih erat dan harmonis. Sebaiknya hindari menaruh foto keluarga pada posisi timur dan utara rumah.

Foto dengan elemen air dan api

Beberapa foto mungkin memiliki elemen air di dalamnya seperti sungai, kolam atau danau. Area terbaik untuk menggantung foto dengan elemen air adalah pada area utara di rumah. Jika elemen api merupakan elemen utara dalam foto, sebaiknya gantung foto di area selatan.

Mungkin kita memiliki foto anggota keluarga yang telah tiada di dalam ruangan atau ruangan pemujaan.

Jika kamu ingin memajang foto anggota keluarga yang telah tiada, sebaiknya hanya pada area selatan dinding.

Foto yang menggambarkan kesendirian, kesedihan dan kemarahan

Menurut vastu, foto dengan gambar yang bercerita tentang kesedihan, kesendirian dan energi buruk lainnya sebaiknya tidak di pajang di dinding rumah.

Foto ini dapat membawa energi buruk ke dalam rumah. Foto yang menggambarkan kemarahan juga umumnya dapat membuat energi menjadi tidak stabil.

Lukisan abstrak

Sebaiknya hindari meletakkan lukisan abstrak yang tidak memiliki makna tersendiri dengan subjek yang memusingkan di dalam ruangan. Karya seni ini dapat memberikan kebingungan dan stress pada oranh-orang di sekitarnya.

Foto atau lukisan bergambar buah

Foto atau karya seni dengan gambar buah di dalamnya dipercaya dapat membawa energi chi bila digantung pada dinding rumah. Sebaiknya pilih gambar dengan beberapa jenis buah di dalamnya.

Foto atau lukisan bergambar burung

Jika kamu menyukai lukisan atau foto dengan tema bintang atau unggas, kamu bisa menggantung lukisan bergambar burung. Namun selalu pastikan agar burung pada gambar berpasangan untuk menciptakan harmoni pada ruangan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/28/112200276/6-tips-menggantung-bingkai-foto-menurut-aturan-vastu-shastra

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke