Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Material Furnitur yang Banyak Digunakan di Rumah dan Plus Minusnya

Memahami keuntungan dan kerugian dari setiap material ini harus dipertimbangkan sebelum melakukan pembelian guna memastikan mendapatkan item furnitur terbaik. 

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika membandingkan bahan furnitur yang berbeda, termasuk estetika yang diinginkan, dekorasi rumah, cuaca saat ini, serta anggaran. 

Selain itu, ruangan atau area yang akan diletakkan furnitur juga berperan dalam menentukan material perabotan terbaik.

Misalnya, bahan yang digunakan untuk furnitur ruang tamu akan sangat berbeda dengan yang digunakan untuk luar ruangan.  

Untuk membantu Anda mendapat furnitur tebaik, berikut ini lima material furnitur beserta plus dan minusnya dikutip dari My Decorative, Kamis (14/4/2022). 

Selain itu, plastik lebih murah diproduksi secara massal menjadi perabot sederhana. Namun, eski murah dan tahan air, plastik tidak tahan lama serta kurang menarik secara visual. 

Ashwood 

Sebagai kayu keras, ashwood paling sering ditemukan dalam tekstur ringan memungkinkan furnitur ditekuk dan sangat fleksibel sambil menahan posisinya jika perlu.

Furnitur ashwood tidak mudah patah atau rusak sehingga menjadikannya salah satu jenis kayu yang paling tahan lama. Ini juga memiliki sentuhan akhir yang lembut, yang membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan. 

Kaca

Kaca adalah material yang relatif baru dalam daftar bahan furnitur. Material kaca menjadi favorit estetika kontemporer.

Bahan furnitur unik ini dapat dicetak dan dibentuk menjadi potongan-potongan yang tidak dapat dibuat oleh bahan lain. 

Meski lebih tahan lama daripada plastik, furnitur kaca tidak dapat menahan banyak beban dan harus digunakan atau ditempatkan dengan hati-hati.

Furnitur kaca secara visual memukau secara umum dan mendapat poin bonus untuk minimalisnya. 

Furnitur kayu kustom merupakan daya tarik besar bagi sebagian besar pemilik rumah karena tidak hanya bertahan lama, tetapi juga menambah banyak kelas dan keindahan rumah.

Berbagai jenis kayu furnitur tersedia, termasuk kayu oak, jati, mahoni, maple, pinus, dan banyak lagi. Masing-masing variasi kayu ini berbeda secara visual dan struktural sehingga menambahkan karakter ke interior rumah.

Baja

Baja adalah bahan furnitur tradisional lainnya yang dapat ditemukan di sebagian besar rumah. Furnitur baja adalah pilihan terbaik untuk area tempat duduk outdoor karena ringan, fleksibel, juga tahan lama.

Baja mudah dibentuk menjadi bentuk apa pun, menjadikannya bahan yang ideal untuk kursi dan meja lipat.

Selain itu, furnitur baja adalah pilihan sangat baik untuk tampilan yang eksentrik, unik, serta dapat digunakan dalam berbagai estetika desain.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/14/230000876/5-material-furnitur-yang-banyak-digunakan-di-rumah-dan-plus-minusnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke