Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tanaman Hias yang Cocok dan Bermanfaat Diletakkan di Dapur

Dilansir dari The Kitchn, Rabu (13/4/2022), berikut beberapa tanaman hias yang dapat diletakkan di dapur beserta manfaatnya. 

English ivy dapat menambahkan percikan warna yang indah di dapur bertema apa pun dan mudah tumbuh subur di dalam ruangan, asalkan mendapatkan sinar matahari langsung dan 

Daunnya yang runcing hadir dalam berbagai warna hijau dengan aksen putih, kuning, dan hitam. Pilih variasi yang sesuai dengan dapur Anda.

Selain itu, tanaman ivy dapat membantu membersihkan polutan udara dalam ruangan seperti formaldehida, benzena, jamur, dan bakteri.

Pastikan menjauhkan English ivy dari jangkauan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing karena tanaman hias ini beracun. 

Lidah buaya (Aloe barbadensis mille)

Disebut sebagai "tanaman keabadian", lidah buaya adalah salah satu tanaman yang paling sulit mati meski diletakkan di dapur. Lidah buaya memiliki bermanfaat bagi kulit seperti mengatasi luka bakar. 

Letakkan tanaman lidah buaya di samping kompor dan itu akan berguna saat kulit Anda tak sengaja terbakar saat memasak.

Caranya, cukup gosokan gel lidah buaya pada area kulit yang terbakar dan Anda akan merasakan efek pendinginan yang instan. 

Letakkan tanaman cast iron plant di sudut dapur, sudut meja makan, atau ruang makan. Tidak peduli seberapa buruk suhu atau iklim di dapur seperti kompor yang mendidih dan panas oven, tanaman ini akan bertahan. 

Aluminum plant (Pilea adierei)

Simpan tanaman hias ini di keranjang gantung dan jauhkan dari angin panas atau dingin seperti pemanas atau AC.

Tanaman aluminum plant mudah dirawat dan warnanya yang cantik dapat menjadi daya tarik utama di dapur. Aluminum plant juga bisa dijadikan tanaman gantung sehingga bisa menghemat ruangan. 

Spider plant (Chlorophytum comosum)

Spider plant atau tanaman laba-laba mampu berkembang dalam berbagai kondisi dan tidak memerlukan banyak perawatan sama sekali.

Simpan tanaman ini di mana saja di dapur seperti di dekat jendela, di bawah sinar matahari,  atas meja, serta bawah lemari.

Saksikan tanaman hias tumbuh dengan bantuan penyiraman sesekali dan pemangkasan yang jarang.

Tanaman laba-laba juga menjadi pembersih udara alami yang hebat serta membantu menghilangkan bau, asap, dan polutan dari lingkungan. 

Jika memiliki jendela dapur yang menghadap ke selatan, ini adalah tanaman yang tepat. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik jika Anda cukup sering memanen. 

Lidah mertua (Dracaena trifasciata)

Tanaman lidah mertua tidak membutuhkan banyak air dan cahaya sehingga menjadi pilihan tepat untuk dapur yang sibuk.

Letakkan tanaman lidah mertua di sudut ruangan dan sirami setiap dua minggu sekali atau sebulan sekali, tergantung seberapa kering tanahnya.  

Pothos

Pothos adalah tanaman merambat yang kuat dan tahan segala macam kondisi cahaya. Dengan penempatannya di lemari atau rak, tanaman ini dapat menambahkan nuansa cantik di dapur. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/13/195900976/8-tanaman-hias-yang-cocok-dan-bermanfaat-diletakkan-di-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke