Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Ini 5 Cara Menghemat Biaya Renovasi Rumah

Misalnya, untuk melakukan pekerjaan renovasi kecil seperti mengganti lantai dan memperbaiki beberapa sistem kelistrikan lama, dapat menghabiskan biaya hingga puluhan juta. 

Namun, bila ingin merenovasi rumah secara menyeluruh menjadi tema atau estetika yang mewah, biaya yang dibutuhkan bisa lebih mahal, bahkan mencapai ratusan juta. 

Tak heran, banyak penghuni rumah yang mencari cara menurunkan biaya merenovasi rumah demi proyek berjalan lancar serta mendapat tampilan yang diinginkan. 

Dilansir dari Home and Decor, Senin (11/4/2022), berikut beberapa cara menghemat biaya renovasi rumah. 

Meneliti dan membuat daftar periksa tentang apa yang dibutuhkan dan biaya yang menyertainya adalah kunci untuk menetapkan anggaran yang realistis.

Sebagai permulaan, catat dengan tepat jenis pekerjaan renovasi yang dibutuhkan seperti mengganti lantai, mengecat dinding, serta membuat furnitur built-in atau walk-in wardrobe.

Lakukan riset desktop atau tanyakan sekitar untuk mendapatkan perkiraan kasar tentang berapa masing-masing biaya ini dan ingatlah membandingkan harga dari kontraktor yang berbeda.

Kurangi furnitur bawaan

Bukan rahasia lagi bahwa furnitur built-in menempati urutan sebagai salah satu biaya paling mahal untuk setiap proyek renovasi rumah.

Apa pun yang dibuat sesuai pesanan pasti akan lebih mahal karena dibuat khusus agar sesuai dengan ruangan. 

Selain itu, furnitur built-in tidak memberi Anda fleksibilitas pada masa depan. Jika kebutuhan atau keinginan berubah, tidak mungkin Anda bisa memindahkan lemari built-in itu ke bagian  lain ruangan. 

Begitu desainnya ketinggalan zaman, Anda tidak punya pilihan selain hidup dengannya atau meminta kontraktor meretasnya dan mengulanginya. Karena itu, penting mempertimbangkan pilihan Anda. 

Ketika pengecer ingin mengosongkan stok yang ada untuk model lebih baru masuk, mereka biasanya memberikan diskon cukup besar hingga 50 persen. 

Pastikan memeriksa ulasan sebelum membeli untuk memastikan kualitasnya baik atau benar-benar terlihat seperti gambar yang ditampilkan.

Karena datang dengan harga lebih murah, Anda seharusnya tidak mengharapkannya memiliki kualitas luar biasa.

Namun, cobalah berinvestasi dalam produk berkualitas untuk perabot tertentu seperti kasur, sofa, dan meja makan. Membeli kasur murah berpotensi membuat Anda sakit badan dan sulit tidur. 

Ganti bahan premium dengan yang lebih terjangkau

Ada beberapa hal yang benar-benar tidak dapat dikompromikan saat melakukan renovasi rumah seperti merobohkan dinding untuk memiliki lebih banyak ruang atau memperbaiki seluruh toilet karena kondisinya yang buruk.

Namun, satu hal yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya renovasi rumah adalah bahan yang digunakan. Beberapa bahan dapat menghabiskan biaya mahal, tetapi bahan tersebut dapat dengan mudah diganti dengan bahan yang lebih murah jika tidak membutuhkan bahan premium.

Misalnya, lantai kayu sangat mahal, tetapi Anda dapat menggunakan vinil sebagai gantinya. Ini dapat membantu Anda memangkas biaya. Alih-alih menggunakan wallpaper untuk dinding, pilihlah cat sebagai gantinya karena jauh lebih murah dirawat. 

Jika masih dalam kondisi yang relatif baik, pilih merapikannya di toko yang menawarkan layanan perbaikan, terutama melakukan pengamplasan, pengecatan ulang, dan pemolesan.

Untuk lebih menghemat uang, Anda dapat mengubahnya menjadi proyek DIY kecil bersama pasangan dan anak-anak.

Ada banyak tutorial online di luar sana yang mengajari cara menyelamatkan furnitur lama dan membuatnya terlihat baru kembali. Beberapa tutorial bahkan menunjukkan cara mengubahnya menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/11/225300576/simak-ini-5-cara-menghemat-biaya-renovasi-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke