Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Aman Mencuci Pisau dan Garpu Menggunakan Mesin Pencuci Piring

Selain itu, wastafel pencucian piring terkadang mengeluarkan aroma tidak sedap karena ada sisa makanan yang masuk ke saluran pembuangan atau jarang dibersihkan.

Karena itu, menggunakan mesin pencuci piring menjadi solusi alternatif mencuci piring, ditambah lebih menghemat waktu.

Mesin pencuci piring bisa mencuci beragam peralatan dapur, termasuk pisau dan garpu. Namun, ketika mencuci keduanya menggunakan mesi pencuci piring, Anda perlu meletakkannya dengan tepat serta hati-hati agar aman.

Sebab, pisau dan garpu memiliki ujung yang tajam, yang bisa melukai tubuh serta merusak mesin pencuci piring. 

Disadur dari Martha Stewart, Rabu (6/4/2022), educator and appliance expert di AJ Madison, Jessica Petrino, mengatakan pisau dan garpu dapat ditaruh di dalam rak mesin pencuci piring dengan posisi terbalik.

Bahkan, menurut Petrino, menaruhnya dengan posisi gagang berada di atas, termasuk untuk peralatan makan lainnya seperti sendok, merupakan metode yang lebih higienis.

“Kamu tidak akan menangani bagian sendok dan garpu, yang pada akhirnya akan masuk ke mulut seseorang,” jelas Petrino.

Presiden Mr. Appliance, Ron Shimek, mengatakan metode ini juga membuat proses memasukkan dan mengeluarkan peralatan dapur dari mesin pencuci piring menjadi lebih aman.

Bahkan, Shimek menyarankan menaruh semua peralatan dapur yang memiliki ujung tajam menghadap ke bawah.

Namun, terkait dengan pisau, ada beberapa jenis pisau yang sebaiknya tidak dicuci atau dimasukkan ke mesin pencuci piring.

“Pisau steak, pisau ukir, dan pisau potong yang pegangannya terbuat dari sesuatu selain sepotong logam, tidak boleh dimasukkan ke mesin pencuci piring sama sekali,” imbau Shimek.

Hal ini karena panas dan kekuatan air di dalam mesin dapat mengembangkan serta mengerutkan gagang pisau, yang akhirnya dapat pecah atau lepas. Selain itu, pegangan yang longgar atau retak pada peralatan makan dapat menarik bakteri.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/06/190000576/cara-aman-mencuci-pisau-dan-garpu-menggunakan-mesin-pencuci-piring

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke