Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Tinggal di Rumah Baru

Namun, ada banyak hal yang datang atau dipertimbangkan ketika pindah ke rumah baru, bahkan hal-hal itu tidak selalu kita pikirkan. Beberapa ada yang hal baik dan sebagian hal buruk. 

Dikutip dari Roohome, Selasa (5/4/2022), berikut empat hal yang harus dipertimbangkan saat tinggal di rumah baru. 

Selain itu, memantau jadwal mereka sehingga Anda bisa menjadi tetangga yang sopan dengan menjaga kebisingan ketika mereka sedang bekerja, beristirahat, atau memiliki anak kecil. 

Undang beberapa pertemuan sosial bersama tetangga

Menempati atau pindah rumah baru menjadi momen menyenangkan. Baik membeli atau membangun rumah baru, ada beberapa hal yang harus selalu di pertimbangkan sebelum pindah. 

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan sebagai pemilik rumah baru adalah mengundang beberapa pertemuan sosial pindah rumah.

Hal ini untuk mengenal tetangga dan membiarkan mereka mengenal Anda. Ini dapat dilakukan melalui beberapa cara berbeda seperti acara syukuran dan barbecue. 

Selain itu, hal ini juga penting untuk alasan keamanan. Jika sesuatu terjadi di rumah, tentu tetangga yang pertama kali. Begitu pun saat Anda tidak berada di rumah. 

Hal pertama adalah mengasuransi rumah. Ini bukan opsional, tetapi diperlukan sebagian besar pemberi pinjaman hipotek untuk memastikan rumah terlindungi jika terjadi bencana besar. 

Jika Anda tidak memiliki asuransi dan terjadi kecelakaan atau bencana alam yang merusak rumah, pemberi pinjaman bisa kehilangan sejumlah besar uang. 

Selain melindungi Anda, asuransi pemilik rumah juga melindungi pemberi pinjaman dari segala jenis kerugian terkait dengan rumah yang mungkin terjadi sebelum pinjaman hipotek mereka lunas.

Asuransi pemilik rumah tidak hanya melindungi investasi Anda saat masih melunasi pinjaman hipotek, tetapi juga akan melindungi Anda setelah hipotek dilunasi jika terjadi sesuatu yang tidak terduga yang memerlukan perbaikan atau penggantian properti.

Selain perlindungan dari kerusakan akibat bencana alam seperti angin topan atau angin puting beliung, asuransi pemilik rumah juga dapat menanggung beberapa jenis bencana akibat kelalaian dan kejahatan manusia, termasuk kebakaran, pencurian, serta perusakan. 

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memiliki hewan peliharaan di rumah baru seperti memastikan cukup ruang halaman belakang bagi hewan peliharaan untuk berlarian dan bermain. 

Selain itu, jika memiliki anjing yang suka menggali lubang di tanah, pastikan ada sesuatu di halaman yang bisa mereka gali seperti kotak pasir atau lubang galian. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/05/142100376/4-hal-yang-harus-dipertimbangkan-saat-tinggal-di-rumah-baru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke