Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ragam Warna Lantai Kayu yang Sesuai dengan Gaya Rumah

Lantai kayu tidak hanya meningkatkan fitur ruangan mana pun, tetapi juga terkenal memiliki daya tahan, kekuatan, dan umur panjang sehingga menjadikannya pilihan ideal.

Namun, sebelum memutuskan memasang lantai kayu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya warna kayu yang diinginkan.

Warna kayu tertentu akan terlihat lebih baik daripada yang lain. Misalnya, jika ingin menonjolkan karpet dan furnitur, warna kayu yang lebih terang akan menonjolkannya lebih baik daripada lantai kayu berwarna gelap.

Memilih warna untuk lantai kayu dapat mengubah semua nuansa rumah, jadi pertimbangkan gaya apa yang ingin dicapai dan bicarakan dengan pemasok lantai kayu terkemuka sebelum membuat keputusan akhir.  

Dilansir dari My Decorative, Senin (4/4/2022), berikut sejumlah pilihan warna lantai kayu yang sesuai dengan rumah Anda. 

Varian seperti Victorian Ash dan Tasmanian Oak sering digunakan dalam konsep desain modern karena bisa mencerahkan ruang sambil menambahkan nuansa bersih serta minimalis ke rumah.

Nada lantai kayu light wood adalah pilihan sangat bagus untuk karpet dan furnitur yang menonjol. 

Nada kayu medium

Lantai kayu dengan warna medium hadir dalam rona coklat hangat, karamel, dan amber. Nada kayu medium telah menjadi pilihan banyak keluarga selama bertahun-tahun karena membawa rasa kehangatan, kenyamanan, serta gaya ke rumah. 

Kayu yang lebih gelap seperti Jarrah dan Walnut dapat diwarnai hampir hitam untuk menonjolkan dinding putih serta menambahkan dekadensi ke lingkungan apa pun.

Kayu gelap saat ini kembali ke pasar gaya dengan banyak desainer interior dan investor rumah menjadikannya sebagai pilihan nomor satu. 

Pilihan warna lantai kayu yang bergaya

  • American white oak

Ini merupakan kayu segar berwarna cerah yang kuat dan tahan lama. Pilihan yang menonjol bagi banyak desainer yang menggunakan furnitur serta dekorasi berwarna berani.

American white oak dapat dengan mudah diwarnai dalam berbagai warna atau tetap alami dan hanya diminyaki sehingga menonjolkan keindahan nada pucat pada kayu. 

  • Matai

Matai adalah varietas asli Selandia Baru dan merupakan pilihan yang sangat populer di kalangan desainer rumah.

Termasuk dalam kategori warna sedang, Matai memiliki warna dasar yang menembus kuning, oranye, dan merah tua dengan garis kayu gubal berwarna krem. Warna dan butiran kayu Matai yang rapat menjadikannya pilihan sangat baik untuk lantai fitur. 

Kayu kenari sangat menarik dengan lapisan minyak atau dapat digelapkan dengan pewarna yang kaya. Ini adalah kayu dengan kekuatan sedang yang tahan goncangan serta memiliki pengusir serangga alami. 

  • Jarrah

Jarrah menjadi salah satu pilihan paling populer untuk lantai kayu saat ini di pasar desain. Tumbuh di Australia Barat, Jarrah adalah kayu yang lebih gelap, kuat, tahan lama, dan serbaguna.

Dalam nada hangat merah tua dan coklat tua, Jarrah memberikan kehangatan serta kecanggihan yang berbeda dengan pilihan kayu lainnya.

Selain itu, nada lantai kayu ini dapat diwarnai sesuai dengan selera dan gaya apa pun. Menghiasi banyak lantai proyek desainer interior, Jarrah memiliki kelas dan keindahan yang tak tertandingi. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/04/135000976/ragam-warna-lantai-kayu-yang-sesuai-dengan-gaya-rumah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke