Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Noda Cat Dinding pada Pakaian

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat sedang mengecat dinding, tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada cipratan cat yang jatuh ke pakaian.

Nantinya, hal ini dapat membuat repot proses pencucian lantaran tidak semua cat tembok dapat dicuci dengan mudah, terlebih jika dibiarkan terlalu lama hingga mengering.

Walhasil, tidak jarang orang-orang langsung membuang pakaian bernoda cat karena sudah tidak dapat digunakan lagi.

Disadur dari Taste of Home, Rabu (30/3/2022), cara membersihkan noda cat dinding yang menempel pada pakaian dapat dibedakan berdasarkan catnya.

Sebab, cara membersihkan noda cat berbahan dasar air dan minyak cukup beda. Nah, seperti apa caranya?

Cat dinding berbahan dasar air

Ada kemungkinan, cipratan cat yang mengotori pakaian adalah cat berbahan dasar air. Cat ini termasuk cat lateks untuk area dalam dan luar ruangan, serta cat yang diaplikasikan dengan jari (fingerpaint).

Kemudian cat kerajinan akrilik dan cat poster. Untuk menghilangkan nodanya, kikis seluruh cat yang masih basah. Lalu, bersihkan area yang bernoda di bawah air hangat.

Cuci area tersebut dengan sabun cuci piring atau detergen sembari disikat dengan sikat berbulu lembut. Selanjutnya, cuci seperti biasa dengan mesin cuci. Ulangi langkah ini jika nodanya membandel.

Cat jenis ini lebih sulit untuk dibersihkan, bahkan tidak mungkin hilang, jika dibiarkan mengering setelah mengotori pakaian.

Untuk membuat pakaian bersih kembali, segera bersihkan noda cat dinding berbasis minyak ketika terkena cipratannya pakai pisau tumpul.

Basahi lap bersih dengan sedikit pengencer cat, lalu bersihkan nodanya. Seka noda pada pakaian hingga hilang.

Setelah noda catnya menghilang, bilas area tersebut dan bersihkan dengan sabun cuci piring atau detergen. Kemudian, cuci pakaian seperti biasa, dan ulangi langkah sebelumnya sesuai kebutuhan.

Cat dinding yang sudah mengering

Jika noda catnya sudah mengering, cobalah gosok are ayang bernoda untuk menghilangkan cat. Setelah itu, tuangkan alkohol gosok.

Gunakan sikat gigi untuk menggosok alkohol, dan lakukan hingga noda cat terangkat. Jika sudah, cuci pakaian seperti biasa.

Apabila tidak punya alkohol gosok, gunakan hairspray karena sama-sama memiliki alkohol. Alternatifnya adalah menggunakan penghilang cat kuku.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/30/103000276/cara-membersihkan-noda-cat-dinding-pada-pakaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke