Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemutih Terbukti Tidak Efektif Membasmi Jamur di Rumah, Ini Solusinya

Untuk mengatasinya, pencegahan adalah solusi terbaik dan menggunakan beberapa produk penghilang jamur. 

Akan tetapi, dilansir dari Better Homes and Gardens Australia, Jumat (11/3/2022), ada satu produk pembersih yang tidak boleh digunakan untuk menghilangkan jamur, yakni pemutih. 

Bahan kimia keras seperti pemutih dan amonia terbukti tidak efektif menghilangkan jamur. Pemutih hanya memberikan ilusi permukaan bebas jamur.

"Jamur mengandung melanin dan pemutih hanya menghilangkan warnanya, tetapi jamur masih ada. Ketika memakainya sebagai penghilang jamur, Anda hanya menutupinya," kata ahli mikologi, Heike Neumeister-Kemp. 

Heike menambahkan, ketika menggunakan pemutih, enam minggu kemudian jamur akan kembali lagi dan tidak pernah bisa hilang.

Sebagai solusi, Heike merekomendasikan larutan cuka untuk membasmi jamur. "Cuka menyerang jamur secara mekanis. Jadi, sebenarnya melalui osmosis, menembus ke dalam struktur dan membasminya sehingga benar-benar membunuh jamur," ucapnya.  

Kemudian, buang apa pun yang sangat berpori dan tertutup jamur karena akan sulit  mengembalikannya, kecuali jika dibersihkan secara profesional.

Selanjutnya, buat larutan cuka dengan langkah seperti berikut ini; 

Solusi alternatif lainnya  

Selain cuka, Anda bisa menggunakan minyak pohon teh atau tea tree essential oil. Caranya, tambahkan dua sendok teh minyak pohon teh ke dalam botol semprot berisi air, lalu semprotkan pada area yang berjamur, tapi jangan membilasnya.

Anda cukup menyekanya dengan kain mikrofiber kering setelah selesai. Jika tidak menyukai aroma minyak pohon teh, Anda bisa menggunakan biji jeruk Bali yang sama efektifnya. 

Caranya, tambahkan 20 tetes ekstrak biji jeruk Bali ke dalam botol semprot berisi air, semprotkan pada area yang berjamuar dan jangan membilasnya. Selanjutnya, seka area dengan kain mikrofiber kering setelah selesai. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/11/163500376/pemutih-terbukti-tidak-efektif-membasmi-jamur-di-rumah-ini-solusinya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke