Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sebelum Beli, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Alat Masak Granit

JAKARTA, KOMPAS.com- Meskipun memiliki nama granit, peralatan masak ini tidak terbuat dari batu granit. Sebenarnya peralatan masak ini berbahan baja karbon atau baja anti karat murni yang dilapisi oleh enamel porselen yang memiliki pola seperti batu.

Alat masak ini menjadi populer karena kualitasnya yang baik dan bentuknya yang aesthetic. Seringkali alat masak granit disusun ataupun digantung pada lemari dapur sebagai tambahan dekorasi.

Meskipun dikenal dengan kelebihannya, ternyata alat masak granit juga memiliki beberapa kekurangan.

Melansir dari Kitchen and Cookware, Rabu (9/3/2022), berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan alat masak granit yang sebaiknya kamu tahu.

Jika kamu berencana untuk membeli peralatan masak baru, beberapa keunggulan alat masak granit berikut bisa menjadi pertimbangan:

Lapisan anti lengket yang aman

Meskipun banyak peralatan masak teflon yang memasarkan produknya sebagai produk anti lengket, ternyata masih memiliki komposisi bahan kimia yang bisa mengkontaminasi makanan.

Set peralatan masak granit memiliki lapisan porselen yang bebas dari PTFE, PFOA, APEO, Lead, dan Cadmium.

Enamel porselen pada alat masak granit tidak akan bereaksi dengan makanan asam, sehingga lebih aman digunakan.

Mudah dibersihkan

Alat masak granit memiliki permukaan halus yang mudah dibersihkan hanya dengan sabun cuci piring, bahkan setelah memasak masakan berminyak.

Jika terdapat sisa makanan yang lengket, rendam panci selama beberapa menit lalu gosong dengan halus menggunakan spons.

Distribusi dan retensi panas yang baik

Distribusi panas yang merata penting untuk memasak dengan cepat dan lancar, hal inilah yang kamu dapatkan saat memasak dengan panci berlapis granit.

Panci granit memiliki inti baja karbon atau aluminium, bahan ini akan memberikan distribusi panas yang merata saat dipasangkan dengan lapisan porselen. Lapisan porselen membantu alat masak mendistribusikan panas yang merata.

Ringan

Sebagian besar panci granit berkualitas baik memiliki bingkai aluminium pengukur berat untuk memberikan pemanasan dan daya tahan yang merata, tetapi tidak seberat panci besi atau tembaga.

Permukaan porselen peralatan masak granit ringan dan tahan lama, kamu akan selalu menikmati pengalaman memasak yang ergonomis.

Estetika

Jika kamu menyukai simetri dan keunikan, peralatan masak granit bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dapur. Panci dan wajan granit memiliki permukaan glossy dan warna yang elegan untuk menghiasi lemari dapur.

Jika kamu berencana untuk membeli peralatan masak dengan lapisan granit baru, beberapa kelemahan dari alat masak granit berikut bisa menjadi pertimbangan:

Permukaan anti lengketnya mungkin retak

Permukaan anti lengket peralatan masak granit dapat pecah dan retak jika sering digunakan. Peralatan masak yang tajam dan suhu memasak yang sangat tinggi dapat merusak permukaan peralatan masak granit.

Tidak aman untuk oven

Sebagian besar alat masak granit tidak aman untuk oven sehingga fungsinya di dapur sangat terbatas. Jika kamu mencari alat masak granit, pastikan alat masak tersebut aman untuk oven.

Perawatan ekstra

Sebaiknya hindari menggunakan sabut berbahan logam dan spons dengan permukaan kasar untuk membersihkan alat masak granit. Selain itu gunakan peralatan masak seperti spatula berbahan silikon atau kayu agar tidak menggores permukaan granit.

Kegunaan terbatas

Beberapa jenis panci granit terlalu berat dan panas sehingga bisa menyebabkan kompor induksi berbahan kaca retak dan penyok.

Agar aman, hindari menggunakan panci granit jika kamu menggunakan kompor dengan lapisan kaca. Atau kamu bisa memilih panci atau wajan granit yang benar-benar kompatibel dan aman.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/09/151500376/sebelum-beli-ketahui-kelebihan-dan-kekurangan-alat-masak-granit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke