Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali, Ini Bedanya Anjing French Bulldog dan English Bulldog

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat berbicara tentang anjing Bulldog, mungkin kamu mengira bahwa ras ini hanya memiliki satu jenis saja.

Namun, dilansir dari Daily Paws, Kamis (24/2/2022), ada beberapa jenis ras Bulldog, termasuk French Bulldog dan English Bulldog.

Ahli perilaku terapan dan anggota Fear Free yakni Sarah Hodgson mengatakan, ada beberapa hal yang membedakan dua jenis anjing Bulldog tersebut. Salah satunya adalah perilaku.

French Bulldog terkenal suka membuat kegaduhan, meski selalu terlihat menawan. Mereka juga hewan yang sangat sosial, ramah, dan setia.

Sementara itu, English Bulldog pun sama menyenangkannya dengan French Bulldog. Namun, mereka lebih santai.

Nah, apa saja hal lain yang membedakan kedua jenis anjing Bulldog ini? Simak selengkapnya.

French Bulldog

1. Bentuk telinga

French Bulldog memulai kemunculan pada 1800-an sebagai hasil kawin silang anjing Bulldog.

Dahulu, bentuk telinga mereka bukanlah tegak seperti saat ini, namun menekuk seperti English Bulldog.

French Bulldog Club of America mengatakan, ternyata beberapa anjing ras Terrier bertelinga tegak merupakan bagian dari nenek moyang French Bulldog.


 

2. Perilaku

Sebelumnya, dikatakan bahwa mereka adalah anjing yang sangat sosial, ramah, dan setia. Mereka dijadikan sebagai sahabat oleh seluruh kalangan, mulai dari pekerja renda asal Inggris hingga masyarakat kelas atas di Perancis.

Untuk English Bulldog, mereka memiliki bentuk telinga yang disebut “rose-shaped” atau mirip seperti bunga mawar.

Disadur dari Psychology Today, alih-alih melipat ke depan, telinga berbentuk seperti bunga mawar ini melipat ke belakang pada titik tengah telinga.

Konon katanya, asal-usul penamaan “rose-shaped ears” ini karena lipatan telinga anjing yang menekuk ke belakang samar-samar terlihat seperti bentuk bunga mawar jika dilihat dari atas.

2. Perilaku

Anjing ini adalah hewan lembut yang menyayangi seluruh anggota keluarganya, dan senang diajak jalan-jalan santai di lingkungan sekitar.

Namun, sifatnya bertolak belakang dengan citra yang ditampilkan. Sebab, English Bulldog merupakan maskot yang sangat populer dalam mewakili ketangguhan ratusan tim olahraga, sekolah, dan universitas di seluruh dunia.

Salah satu yang menjadikan aning ini sebagai maskot adalah Yale University di Amerika Serikat (AS). English Bulldog sudah mewakili mereka sejak setidaknya 1890.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/24/110700176/kenali-ini-bedanya-anjing-french-bulldog-dan-english-bulldog

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke