Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Ini 5 Tips Cepat dan Mudah Merapikan Rumah

Ketika menjaga rumah tetap rapi dan tertata, ada satu pepatah yang cenderung benar, yakni organisasi yang baik tidak terlihat, sementara kekacauan cenderung menatap wajah Anda. 

Dengan demikian, tetap fokus pada kekacauan sangat penting untuk menjaga rumah tetap tertata serta teratur

Kunci menjaga rumah tetap tertata dan teratur adalah merapikan rumah sesering mungkin.  Hal ini dapat dimulai dengan menangani area yang lebih kecil secara rutin. Dengan begitu, dapat kegiatan membereskan dan merapikan rumah menjadi lebih efisien. 

Untuk memudahkan tugas ini, berikut lima tips cepat dan mudah merapikan rumah dilansir dari Homes to Love, Selasa (8/2/2022). 

Letakkan barang pada tempatnya 

Simpan barang di tempat mereka digunakan berdasarkan frekuensi penggunaan. Misalnya, simpan selotip di sebelah gunting dan dekat dengan kertas kado di ruang kerja rumah dan simpan pisau di dekat talenan.

Kelompokkan barang-barang serupa bersama-sama seperti makeup dengan produk kecantikan serta pena bersama peralatan tulis. 

Selanjutnya, letakkan barang-barang yang mungkin hanya digunakan setahun sekali seperti kantong tidur atau tenda di gudang atau garasi.

 

Urutkan yang ingin dikerjakan setiap hari

Demi menghindari tumpukan dokumen, urutkan barang dengan segera, dari tagihan, kuitansi, struk belanja, dan dokumen pekerjaan. Simpan berkas-berkas yang masih dibutuhkan. Jika tidak, segera membuangnya. 

Sediakan folder atau laci untuk setiap anggota keluarga. Jika Anda mengumpulkan kliping majalah, sobek halaman yang ingin disimpan dan singkirkan yang tidak diinginkan. 

Tumpukan dokumen, kertas, dan majalah tidak hanya membuat rumah berantakan, tapi juga menciptakan debu di rumah. 

Sediakan banyak ruang penyimpanan 

Solusi lain menjaga rumah tetap rapi dan tertata adalah menyediakan banyak ruang penyimpanan untuk barang-barang. Jangan biarkan setiap sudut rumah menjadi gudang untuk meletakkan barang. 

Untuk menghemat ruang, gunakan furnitur multifungsi seperti meja kopi yang memiliki ruang penyimpanan di bawahnya atau tempat tidur dengan tempat penyimpanan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/08/160300776/catat-ini-5-tips-cepat-dan-mudah-merapikan-rumah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke