Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Kegunaan Citric Acid untuk Membersihkan Benda di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Citric acid atau asam sitrat adalah salah satu produk pembersih berbentuk bubuk yang serbaguna. Anda dapat dengan mudah membeli citric acid di toko serba ada maupun toko online.

Dilansir dari Lifehacker, Jumat (4/2/2022), asam sitrat adalah asam tingkat rendah yang aman dan cukup kuat untuk memecah buih dan kotoran sabun.

Dicampur dengan air, bubuk asam sitrat menjadi solusi buatan sendiri untuk sebagian besar noda yang sulit dibersihkan di rumah. Berikut adalah beberapa kegunaan citric acid untuk membersihkan permukaan di rumah.

1. Membersihkan ketel listrik

Deposit mineral mungkin sulit dihilangkan dari bagian ketel listrik Anda. Air mendidih dan sedikit asam sitrat dapat mengatasinya tanpa perlu menggosok.

Isi ketel setengah penuh dan nyalakan sampai mendidih. Setelah mendidih, masukkan satu hingga dua sendok makan asam sitrat ke dalam air dan diamkan selama 15 hingga 20 menit.

Kemudian bilas, dan mineral yang tersisa di ketel listrik akan hilang.

2. Membersihkan kloset

Kotoran di kloset cukup mudah larut dengan asam sitrat. Tuangkan satu sendok makan bubuk asam sitrat ke dalam mangkuk toilet, diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu siram.

Mangkuk kloset akan berkilau seperti baru.

Jika Anda menginginkan cara mudah untuk menjaga mangkuk tetap segar dan bersih, kami merekomendasikan pod pembersih buatan sendiri.


Tambahkan asam sitrat ke nampan es batu silikon dan tuangkan sabun cuci piring ke setiap kotak untuk membuat pasta kental. Biarkan selama beberapa jam hingga kering, lalu keluarkan bongkah kecil untuk pembersihan sekali pakai.

3. Membersihkan rak oven toaster

Rak oven pemanggang roti atau oven toaster bisa menjadi sangat kotor karena tetesan makanan, minyak, dan lemak.

Noda ini bisa sulit dibersihkan, tetapi perendaman cepat dalam asam sitrat dan air dapat memecah minyak agar mudah dibersihkan.

Masukkan dua sendok makan asam sitrat bulat ke dalam seember air agar bubuknya larut. Selanjutnya, tambahkan rak dan diamkan selama 20 hingga 30 menit, lalu gosok noda minyak dengan sikat gosok.

4. Membersihkan kerak air di humidifier

Humidifier rentan terhadap endapan air sadah di dasar tangki air dan di sekitar port pemanas. Namun, menaburkan asam sitrat bekerja sangat baik untuk menghilangkan penumpukan itu dengan penggosokan minimal.

Rebus enam hingga delapan gelas air, tergantung pada ukuran humidifier, dan ambil sekotak asam sitrat bubuk.

Keluarkan tangki air dan tuangkan asam sitrat ke dalam basa cukup untuk menutupi luas permukaan, lalu tuangkan ke dalam air mendidih.

Tambahkan asam sitrat sesuai kebutuhan untuk menutupi area yang terkena. Biarkan selama lima menit, lalu kikis endapannya.

Ulangi proses ini sebanyak yang diperlukan, tetapi tidak perlu banyak.

5. Membersihkan noda air pada kaca jendela

Karena asam sitrat membersihkan air sadah, maka produk pembersih ini juga adalah kandidat yang sempurna untuk menghilangkan noda air di jendela.

Campurkan dua sendok makan asam sitrat bubuk dan satu cangkir air panas ke dalam botol semprot. Kocok untuk melarutkan bedak dan semprotkan langsung ke jendela.

Tunggu kurang dari satu menit, lalu bersihkan larutan untuk jendela sebening kristal.

6. Membersihkan cermin

Membersihkan kaca cermin sulit dilakukan jika larutan meninggalkan goresan atau tidak menghilangkan semuanya, tetapi asam sitrat juga berfungsi di sini.

Cukup isi botol semprot dengan satu bagian asam sitrat dan satu bagian cuka putih, dan semprotkan cermin dengan bebas. Lap dengan kain pembersih dan keringkan dengan kain mikrofiber.

7. Membersihkan kerak pada coffee maker

Ada banyak cara untuk menghilangkan kerak pada coffee maker, salah satunya adalah dengan cuka putih dan asam sitrat.

Cukup isi wadah coffee maker dengan satu cangkir air dan satu cangkir asam sitrat cair atau bubuk. Jalankan coffee maker seperti biasa, dan perhatikan kapur dan kalsium yang menumpuk keluar dengan sendirinya.

Gunakan larutan tersebut untuk membersihkan partikel apa pun di dalam wadah, buang, lalu jalankan kembali pembuatnya hanya dengan air untuk membilasnya.

8. Membersihkan nat keramik

Asam sitrat akan membantu Anda membersihkan nat keramik, misalnya nat keramik kamar mandi.

Cukup masukkan dua sendok makan asam sitrat bubuk ke dalam botol semprot dengan satu liter air panas dan kocok hingga larut.

Semprotkan nat dan tunggu beberapa menit, lalu bersihkan kotoran dan debu dari ubin Anda dengan mudah.

9. Membersihkan karat

Karat pada alat seperti obeng dan kunci T membuatnya sulit untuk digunakan pada kegiatan perbaikan sehari-hari di sekitar rumah. Alih-alih mengganti dengan yang baru, buat larutan penghilang karat dengan asam sitrat.

Campurkan setengah ons asam sitrat dengan 15 ons air dalam wadah yang cukup besar untuk menampung peralatan berkarat. Rendam alat selama 30 menit hingga satu jam, lalu bersihkan dengan sabut gosok atau sikat kuningan.

Lanjutkan penggosokan, diamkan alat secara berkala agar larutan terus mengangkat karat. Kemudian keringkan alat Anda dan beri minyak untuk mencegah karat di kemudian hari.

10. Membersihkan peralatan stainless steel

Asam sitrat akan membersihkan peralatan stainless steel, menghilangkan kotoran yang bahkan tidak Anda sadari ada di sana.

Ambil larutan asam sitrat dan air panas (satu sendok makan asam dengan satu cangkir air), semprotkan peralatan, dan diamkan selama tiga sampai lima menit. Bersihkan larutan, lalu bilas dengan kain basah.

Terakhir, keringkan dengan kain mikrofiber untuk mendapatkan kilau ekstra.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/04/173800276/10-kegunaan-citric-acid-untuk-membersihkan-benda-di-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke