Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Penyebab Korosi pada Benda-benda Logam yang Perlu Diketahui

Korosi dan karat adalah hasil dari penuaan logam yang dapat memengaruhi umur dan kualitas benda logam.

Jadi, apabila beragam benda atau peralatan logam yang kamu miliki sering kali mudah menjadi korosi atau karatan, ada berbagai hal yang menjadi penyebabnya.

Dilansir dari WD40, Minggu (30/1/2022), pada artikel ini akan dijelaskan mengenai tiga penyebab korosi yang perlu kamu ketahui.

Ini adalah penghancuran bertahap logam melalui reaksi kimia atau elektrokimia. Proses ini terjadi antara logam dan lingkungan.

Apa tiga penyebab korosi?

Logam adalah material yang rentan terhadap korosi yang dapat mengurangi umurnya. Berikut adalah beberapa penyebab korosi yang paling umum.

Penyebab utama korosi pada sebagian besar logam adalah paparan dari kondisi cuaca.

Jadi, apabila kamu menyimpan benda logam di luar ruangan atau di tempat terbuka, benda logam tersebut akan menimbulkan korosi.

Sebab, benda logam terkena elemen lingkungan seperti air, angin, dan kelembapan, sehingga akan teroksidasi dengan cepat.


Hujan dan terlalu banyak sinar matahari juga dapat menyebabkan korosi. Oleh karena itu, disarankan untuk menyimpan benda logam di dalam ruangan, atau setidaknya di tempat yang kering agar aman dari kelembapan.

Semakin kering kamu menyimpan benda-benda logam milikmu, kamu dapat memperpanjang umur mereka.

Benda logam milikmu akan lebih cepat berkarat jika kamu tinggal di wilayah atau daerah pesisir. Jika tinggal di daerah pesisir, benda logam milikmu akan lebih cepat terkorosi.

Air laut yang asin, terlalu banyak kelembapan di udara adalah musuh serius benda-benda logam.

Oleh karena itu, jika kamu membiarkan benda-benda logam milikmu tidak dirawat atau terkena unsur-unsurnya, mereka akan terkena korosi.

Demikian pula, iklim yang sangat hangat atau sangat dingin juga memiliki efek yang sama pada korosi logam.

Menelantarkannya

Penyebab umum lainnya dari korosi adalah pengabaian. Jika kamu gagal merawat benda-benda logam milikmu dengan benar, mulai dari kendaraan hingga peralatan dan mesin, kamu akan mendapati benda-benda itu cepat berkarat.

Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga benda logam milikmu tetap bersih dan dirawat dengan baik untuk memastikannya tidak menimbulkan korosi.

Parkirkan kendaraan milikmu di dalam ruangan, bersihkan peralatan logam atau besi dengan segera setelah kamu menggunakannya untuk memastikannya bersih dan tidak basah.

Kesimpulannya, semakin kamu mampu menjaga benda logam milikmu tetap kering, benda logam tersebut semakin bebas dari efek korosi.

Perhatikan penyebab korosi dan cegah

Jika kamu ingin menjaga beragam benda-benda logam milikmu bebas dari korosi, penting untuk mengetahui dan memahami apa sebenarnya penyebab korosi.


Dengan pengetahuan tentang penyebab korosi, kamu akan dapat secara efektif mencegahnya memakan benda-benda logam milikmu, mulai dari kendaraan hingga peralatan logam kecil.

Jaga agar benda-benda logam milikmu bebas korosi dengan menjaganya tetap aman dari penyebab korosi yang disebutkan di atas.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/30/104500076/3-penyebab-korosi-pada-benda-benda-logam-yang-perlu-diketahui

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke