Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Ikan Cupang Bersembunyi di Akuarium? Ini 8 Alasannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda memelihara ikan cupang di akuarium dan melihatnya bersembunyi? Ikan cupang bersembunyi bisa menjadi pertanda bahwa ada hal yang tidak beres.

Dilansir dari Betta Care Fish Guide, Jumat (7/1/2022), Anda perlu mencari tahu penyebab ikan cupang bersembunyi. Dengan demikian, Anda tahu cara terbaik untuk menanganinya.

Ada banyak alasan yang menyebabkan ikan cupang bersembunyi, dan tidak semuanya mengerikan. Berikut adalah alasan paling umum ikan cupang bersembunyi dan cara menanganinya.

1. Tidak cukup ruang persembunyian

Kedengarannya berlawanan dengan intuisi, tetapi jika tidak ada cukup tempat persembunyian di akuarium, ikan cupang mungkin akan lebih sering bersembunyi di tempat yang sama.

Alasan mengapa ini terjadi adalah karena ikan cupang tidak merasa aman.

Di alam liar, ikan cupang dapat dengan cepat menjadi mangsa ikan yang lebih besar, sehingga lebih suka berada di daerah yang banyak lubang persembunyiannya.

Jika ikan cupang merasa dia terlalu terbuka dan tidak punya tempat untuk bersembunyi, maka dia akan tetap berada di tempat persembunyiannya yang sama sepanjang waktu.

Solusinya adalah menambahkan lebih banyak tempat persembunyian untuk ikan cupang. Gua, kayu apung, dan tanaman akan menciptakan banyak tempat persembunyian yang beragam dan menarik untuk ikan cupang.

Sarana persembunyian ini tidak hanya akan membuat ikan cupang merasa aman, tetapi juga akan memberinya banyak tempat untuk dijelajahi sehingga dia tidak bosan.

2. Arus terlalu kuat

Jika ada banyak tempat persembunyian dan dekorasi di akuarium dan ikan cupang selalu bersembunyi di dalamnya, bisa jadi karena arusnya terlalu kuat.

Sirip ikan cupang yang mengembang memang sangat indah dipandang. Akan tetapi, ikan cupang akan sulit berenang di arus yang deras.

Jika menurut Anda arus di akuarium terlalu kuat, maka akan sulit untuk menemukan solusi. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda coba.

Pertama-tama, Anda dapat memiringkan keluaran filter sehingga keluar dari air. Ini akan memperlambat arus serta mengaerasi akuarium lebih baik.

Kedua, Anda bisa mencoba membuat beberapa lubang di selang keluaran. Pastikan lubangnya kecil, dan jangan menambah beban sekaligus.

Cukup tambahkan satu per satu sampai alirannya cukup lambat.

Ketiga, Anda dapat mencoba menutupi nozzle filter dengan spons filter. Ini akan secara drastis mengurangi jumlah air yang keluar, memperlambat arus.

3. Pencahayaan terlalu terang

Jika bukan karena arus air dan ada cukup tempat persembunyian maka bisa jadi lampu di akuarium terlalu terang. Habitat alami cupang biasanya ditanami rapat dengan banyak naungan.

Jika cahaya di akuarium terlalu terang dan ikan cupang merasakannya, ia mungkin terus-menerus mencoba bersembunyi.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini. Yang paling mudah jelas mematikan lampu dan lihat apakah ikan cupang menghabiskan lebih banyak waktu di tempat terbuka.

Selain itu, Anda juga dapat berinvestasi dalam lampu dengan pengaturan cahaya yang dapat disesuaikan. Ini mungkin pilihan terbaik karena ikan cupang akan berada di akuarium yang lebih gelap, tetapi tanaman di akuarium akan tetap terang.

Terakhir, coba tambahkan beberapa tanaman terapung di akuarium.

Duckweed adalah pilihan yang bagus dan akan menyebabkan banyak bayangan di akuarium yang akan membuat ikan cupang merasa lebih aman.

4. Masalah air

Ketika ada sesuatu yang salah dengan air, seringkali ikan cupang bertindak dengan cara yang aneh, seperti terus-menerus bersembunyi padahal sebelumnya tidak.

Anda harus menguji air untuk memastikan bahwa tingkat pH, amonia, nitrit, dan nitrat semuanya baik, dan bertindak cepat jika tidak.

Jika setelah menguji air ditemukan ada yang salah dengannya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Bila itu berkaitan dengan amonia, nitrit atau nitrat maka Anda harus segera melakukan penggantian air, untuk membantu menurunkan ppm masing-masing.

Anda perlu mendapatkan amonia dan nitrit pada 0 ppm dan nitrat pada 20 ppm.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba menambahkan detoksifikasi amonia. Jika tingkat pH terlalu tinggi atau rendah (tidak netral) maka Anda perlu menyesuaikan tingkat pH.

5. Ikan cupang baru saja dimasukkan ke akuarium

Jika cupang Anda baru mengenal akuarium, ia mungkin bersembunyi sepanjang hari sampai merasa aman. Ini adalah tanda yang sangat umum di ikan cupang baru dan itu bukan sesuatu yang harus Anda khawatirkan.

Sayangnya, tidak ada solusi untuk ini. Yang dapat Anda lakukan adalah mencoba dan menjaga akuarium tetap bagus dan tenang sampai dia lebih nyaman.


Sebaiknya matikan lampu di dalam akuarium untuk sementara waktu serta pastikan tangki tidak terganggu.

6. Ikan cupang terluka

Jika ikan cupang terluka, maka dia akan lebih sering bersembunyi. Hewan yang rentan di alam liar lebih mungkin untuk dimangsa, jadi mereka akan melakukan semua yang mereka bisa untuk tidak menunjukkan bahwa mereka kesakitan.

Saat ikan cupang muncul di tempat terbuka di akuarium, perhatikan baik-baik dan lihat apakah ada kerusakan atau luka. Ini kemungkinan besar terjadi jika dia baru saja dikirim ke rumah dan dia tidak ditangani dengan baik.

7. Ikan cupang sakit

Selain terluka, ikan cupang mungkin juga sakit. Sekali lagi, untuk menghindari menjadi rentan jika dia sakit maka dia mungkin bersembunyi di dalam akuarium.

Jika ikan cupang sakit, maka Anda perlu memeriksa gejalanya. Beberapa gejala umum penyakit termasuk ikan cupang tidak mau makan dan lesu.

8. Ikan cupang depresi

Terkadang ikan cupang mungkin mengalami depresi. Hal ini biasanya terjadi di akuarium yang kebutuhannya tidak terpenuhi.

Namun, jika dia tidak dirangsang untuk waktu yang lama maka depresi juga bisa terjadi.

Untuk menangani depresi pada ikan cupang harus mulai dengan menambahkan banyak rangsangan baru ke akuarium. Dekorasi dan mainan adalah awal yang baik.

Jika menurut Anda ikan cupang memiliki temperamen yang damai dan akuariumnya cukup besar, Anda juga bisa menambahkan beberapa ikan lain untuknya.


Anda juga harus memastikan bahwa dia berada di dalam akuarium yang cukup besar. Terakhir, Anda bisa mencoba menunjukkan padanya bayangannya sendiri.

Hal ini akan membangkitkan instingnya untuk melindungi dan mempertahankan wilayahnya dan dapat membebaskannya dari depresi.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/07/173900076/kenapa-ikan-cupang-bersembunyi-di-akuarium-ini-8-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke