Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Ide Dekorasi Teras Rooftop di Rumah Kecil, Nyaman dan Teduh

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda sudah memiliki area rooftop atau atap rumah yang dapat dijadikan area bersantai atau ingin menciptakannya, ada banyak cara membuatnya nyaman. Bahkan, rumah kecil pun dapat dihadirkan teras rooftop yang nyaman.

Teras rooftoop ini tidak hanya dapat digunakan sebagai area bersantai. Teras rooftop juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat menjemur pakaian dan taman.

Dilansir dari Balcony Garden Web, Sabtu (1/1/2022), berikut beberapa ide dekorasi teras rooftop di rumah kecil yang dapat menjadi inspirasi Anda.

1. Tetap terbuka

Area rooftop kecil bisa terlihat lebih luas jika Anda tidak akan mengisinya dengan banyak hal. Kaca transparan alih-alih dinding tembok pembatas, pagar, atau pagar akan sangat bagus diterapkan di rooftop rumah kecil.

2. Ciptakan privasi

Jika Anda memiliki teras rooftop terbuka, menanam tanaman merambah untuk privasi akan menjadi ide bagus. Clematis, mawar, dan English Ivy adalah beberapa pilihan tanaman terbaik yang bisa Anda pilih.

Anda juga bisa menggunakan kasa bambu, gorden atau memasang pagar kayu.

3. Tanam tanaman tinggi

Jika Anda memiliki rooftop yang cukup besar, Anda dapat menanam pohon dan semak tinggi untuk memanfaatkan ruang secara maksimal. Menanam bambu dan rerumputan adalah kombinasi yang baik jika ingin membuatnya rendah perawatan.

4. Tanam dengan hati-hati

Ketika datang ke desain teras rooftop, pastikan Anda menjaga keragaman ukuran tanaman. Beberapa tanaman besar, semak, dan pohon kecil, penutup tanah, harus ada di sana.

Selain itu, belilah pot dengan ukuran berbeda, karena ini akan memberikan tampilan yang bagus ke teras rooftop.


5. Tambahkan furnitur

Tentukan terlebih dahulu jenis furnitur apa yang ingin Anda beli. Apakah Anda ingin bersantai di teras rooftop atau ingin makan malam di sana?

Anda harus membuat pilihan di tahap awal. Furnitur yang sesuai dengan gaya dan tema teras rooftop akan lebih sesuai.

6. Tambahkan titik fokus

Apa pun bisa menjadi titik fokus yang menarik perhatian. Fitur air, pohon tinggi, pengaturan tanaman kontainer yang indah, atau sekadar patung akan menjadi tambahan yang bagus untuk taman atap.

7. Gunakan pencahayaan

Penting agar teras rooftop cukup terang di malam hari, terutama di dekat tangga atau pintu. Apalagi, penerangan atap akan membuatnya terlihat lebih besar saat senja.

8. Memanfaatkan ruang vertikal

Manfaatkan ruang vertikal untuk menambah daya tarik teras rooftop. Gantung pot tanaman di dinding, gunakan pot yang digantung di pagar, atau tanaman merambat.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/01/083400476/8-ide-dekorasi-teras-rooftop-di-rumah-kecil-nyaman-dan-teduh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke