Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Merenovasi Dapur? Ikuti 8 Tips ini untuk Membuatnya Sempurna

Jadi, apabila kamu berpikir untuk merenovasi dapurmu, tetapi tidak yakin harus mulai dari mana, jangan panik.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai seluruh proses dan langkah demi langkah dalam merenovasi maupun mendesain dapur impianmu.

Dilansir dari Decor Tips, Sabtu (25/12/2021), dengan delapan langkah sederhana ini kamu dapat membuat dapur yang praktis, menarik, dan sesuai anggaranmu.

Dapur yang kamu butuhkan akan sangat tergantung pada gaya hidupmu dan kebutuhan keluargamu.

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah membuat daftar semua persyaratan berbeda yang kamu ingin dapurmu penuhi.

Catat aspek-aspek seperti tujuan utama penggunaan dapurmu (memasak, menjamu tamu, dll.), apakah kamu ingin memiliki ruang makan, apakah kamu membutuhkan ruang yang lebih, dan terakhir catat anggaranmu.

Memaksimalkan ruang

Hal penting lainnya yang perlu kamu pikirkan adalah lokasi. Jika berencana merenovasi interior dapur secara keseluruhan, kamu bisa gunakan kesempatan ini untuk memindahkan dapurmu ke tempat yang lebih cocok.


Misalnya, kamu bisa memindahkan ruang dapur ke tempat yang lebih dekat dengan ruang makan.

Namun, jika memutuskan untuk menempatkan dapurmu di tempat yang sama, kamu mungkin ingin menambahkan ruang ekstra yang lebih luas.

Untuk hal ini, gunakan pintu geser maupun lipat, atau mengubah pintu sehingga terbuka ke luar daripada ke dalam, keduanya merupakan cara yang baik untuk menghemat ruang dapur yang berharga.

Ini adalah tata letak yang sangat praktis dalam hal memasak, mengurangi jarak yang harus kamu tempuh, dan menjaga segitiga kerja terpisah dari jalur masuk dan keluar dapur.

Dapur berbentuk L yang menempati dua dinding yang berdekatan sangat ideal jika kamu ingin membuat ruang makan dapur.

Tata letak ini juga akan memungkinkan kamu untuk memanfaatkan ruang kecil sebaik-baiknya.

Mendapatkan tata letak yang tepat

Tata letak terbaik untuk setiap dapur harus didasarkan pada prinsip segitiga kerja dapur, menempatkan kulkas di salah satu ujung, wastafel di tengah, dan area memasak di ujung lainnya.

Sebaiknya beri jarak sekitar 45-80 inci di antara masing-masing area ini untuk memastikan kamu memiliki cukup ruang untuk bekerja dengan nyaman.

Cobalah untuk memastikan tata letaknya selogis mungkin. Bagaimana kalau menempatkan pantry di sebelah kulkas, atau menyimpan produk pembersih di lemari di bawah wastafel?

Menghindari kesalahan

Area memasak tidak boleh ditempatkan langsung di bawah jendela. Pertama, karena ini akan mencegah kamu memasang alat penghisap dapur atau cooker hood.

Kedua karena angin apa pun dapat memadamkan api di kompor gas. Jika kamu memutuskan untuk meletakkan wastafel di bawah jendela, pastikan keran tidak menghalangi atau menghalangimu membuka jendela.

Pastikan wastafel dan area memasak berdekatan, tetapi jangan pernah bersebelahan.

Dan terakhir, pastikan meja dapur berada pada ketinggian yang nyaman (ideal 55 inci).

Pastikan untuk memanfaatkan teknologi terbaru. Misal, kamu ingin mempertimbangkan cooker hood bertenaga tinggi.

Jangan lupa untuk memikirkan estetika juga. Jika memiliki dapur modern, kamu bisa memilih peralatan stainless steel.

Meja dapur praktis

Jika kamu akan melakukan banyak kegiatan memasak di dapurmu, meja dapur praktis adalah suatu keharusan.

Untuk hasil terbaik, pastikan untuk membeli menja dapur dari bahan berkualitas baik yang tahan terhadap perubahan suhu yang tiba-tiba, serta goresan, panas api, dan noda.

Meja marmer dan granit adalah klasik dan menonjol karena ketahanannya terhadap keausan. Namun, kamu harus berhati-hati, beberapa varietas sangat berpori dan cenderung menyerap minyak.

Renovasi dapur dengan perlengkapan baru

Jika perlengkapan dapurmu sudah berusia lebih dari 10 tahun, ini adalah waktu yang tepat untuk menggantinya.

Jangan lupa untuk memikirkan berapa banyak soket dinding yang kamu perlukan juga. Sebagai aturan umum, kamu disarankan untuk memiliki sekitar delapan soket untuk peralatan kecil.

Ingat, wastafel harus ditempatkan dekat dengan saluran pembuangan untuk memastikan bahwa kemiringannya berada pada gradien yang tepat.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/25/205200676/ingin-merenovasi-dapur-ikuti-8-tips-ini-untuk-membuatnya-sempurna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke