Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman Dalam Ruangan yang Bisa Memurnikan Udara

Memasukkan tanaman ke ruangan kini menjadi sebuah tren yang banyak dilakukan selama dekade ini. Tanaman ini umumnya digunakan untuk memurnikan udara dan memberikan tampilan bergaya ke ruangan. 

Akan tetapi, tidak semua tanaman dapat dimasukkan ke ruangan serta memurnikan udara. Beberapa tanaman dapat berbahaya bagi kesehatan sehingga perlu diletakkan di luar rumah. 

Melansir dari My Decorative, Selasa (21/12/2021), berikut lima tanaman dalam ruangan yang bisa memurnikan udara. 

Areca palm mampu tumbuh tinggi 15-25 sentimeter per tahun sehingga perlu direpoting atau dipindahkan ke pot baru setiap dua sampai tiga tahun. 

Pemangkasan tanaman tidak akan memperlambat pertumbuhannya. Pupuk perlu diperlukan pada musim semi dan musim panas.

Jagalah agar tanah tanaman tetap lembap dan hindari penyiraman berlebihan yang bisa menyebabkan pembusukan akar.

Bonusnya, tanaman hias ini mampu memurnikan udara dan dikenal sebagai tanaman pemurni udara dalam ruangan terbaik. Tanaman ini tumbuh baik dalam kisaran suhu 12–24 derajat Celsius. 

Tanaman peace lily dapat memurnikan udara dengan menghilangkan bahan kimia beracun seperti benzena dan formaldehida.

Tanaman ini mekar selama musim semi menunjukkan bunga putih cerah, tapi tidak dapat mentoleransi suhu di bawah 12 derajat Celsius.

Jaga tanah tetap lembap dan lakukan pemupukan sebelum musim semi. Itu tidak memerlukan pemangkasan, tetapi Anda dapat memangkas untuk mempertahankan ukurannya.  

NASA mengatakan lidah mertua dapat menghilangkan formaldehida dan racun lainnya dari udara. Ditambah lagi, tanaman lidah mertua bisa dengan mudah diperbanyak melalui daunnya.

Namun, tanaman ini memerlukan sinar matahari tidak langsung serta perawatan yang rendah karena daunnya sukulen. 

Tanaman ini tampak bagus, baik sebagai pemanjat maupun sebagai tanaman merambat. Tanaman pothos minim perawatan, dapat dengan mudah diperbanyak melalui stek batang, dan tumbuh relatif lebih cepat daripada tanaman lain.

Manfaat pothos mampu memurnikan udara, menghilangkan benzena, formaldehida, dan racun lainnya di udara. 

Tanaman ini tidak membutuhkan cahaya langsung, tetapi tumbuh dengan baik dalam cahaya terang sehingga dapat ditempatkan di dekat jendela. 

Spider plant dapat memancarkan getaran hutan serta menghasilkan tanaman laba-laba kecil yang dapat diperbanyak dengan mudah. Tanaman spider plant juga mampu memurnikan udara dan ramah hewan peliharaan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/21/151800276/5-tanaman-dalam-ruangan-yang-bisa-memurnikan-udara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke