Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, 5 Bahan Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan dengan Microwave

Meski memudahkan dan membuat masakan cepat hangat, ada beberapa makanan tertentu yang tidak boleh dipanaskan atau dimasukkan ke microwave. 

Hal ini bisa membuat makanan "meledak" dan menyimprat pada dinding microwave yang menyebabkan kekacauan besar, kerumitan pembersihan, serta bahan-bahan yang menimbulkan bahaya kesehatan dan keselamatan.

Melansir dari Bobvila, Selasa (14/12/2021), berikut lima bahan makanan yang tidak boleh dipanaskan menggunakan microwave. 

Microwave memanaskan susu secara tidak merata yang menciptakan "titik panas" dalam susu sehingga melepuhkan bayi.

Tidak hanya itu, beberapa penelitian menemukan bahwa microwave dapat menghancurkan protein penambah kekebalan tubuh.

Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat menyarankan memanaskan ASI atau susu formula di bawah air keran yang mengalir atau dalam panci berisi air panas yang telah dipanaskan dari kompor.

Tentu saja ini menimbulkan kekacauan dan membuat bagian dalam microwave kotor. Bahkan, telur bisa meledak saat diletakkan pada piring dan mulut saat menggigitnya.

Jika ingin telur yang matang sempurnan dan enak, masak atau rebus di atas kompor.

Namun, pada kenyataannya, cara ini memberikan hasil tidak merata dan justru dapat menyebabkan bakteri berkembang biak, yang mengakibatkan penyakit bawaan pada makanan.

Alasannya, ketebalan daging yang berbeda menyerap gelombang mikro dengan kecepatan berbeda sehingga meninggalkan beberapa area matang, sementara yang lain masih beku.

Cara paling aman mencairkan daging beku adalah mengeluarkan dari freezer dan memasukkan ke kulkas selama semalaman. 

Ketika gelombang mikro mengenai cabai, capsaicin berubah menjadi aerosol, menghasilkan semprotan merica yang dapat membakar mata dan kulit saat Anda membuka microwave. 

Daging olahan

Untuk daging olahan, sebaiknya memilih memanaskan dan memasaknya menggunakan oven, kompor, atau panggangan.

Hindari memanaskan daging olahan seperti hot dog dan sosis, menggunakan microwave karena bias menyebabkan pembentukan produk oksidasi kolesterol, yang telah dikaitkan dengan penyakit jantung koroner dan masalah kesehatan lainnya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/14/194100876/catat-5-bahan-makanan-ini-tidak-boleh-dipanaskan-dengan-microwave

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke