Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Ide Dekorasi Membuat Kamar Tidur Kecil Terlihat Lebih Besar

Keterbatasan ruang tak jarang membuat penghuni rumah kesulitan menata kamar tidur kecil. Akibatnya, kamar tidur kecil tampak semakin sempit, tidak menarik, sesak, serta berantakan.  

Namun, terlepas dari ukurannya, hal paling penting kamar tidur harus memberikan kenyamanan untuk tidur dan beristirahat.

Namun, bila ingin tetap membuat kamar tidur tampak besar, ada banyak trik dekorasi yang bisa dicoba. 

Melansir dari Hunker, Senin (6/12/2021), berikut enam ide dekorasi membuat kamar tidur kecil terlihat lebih besar. 

Hindari tempat tidur bergaya loteng 

Bagi sebagian orang, tempat tidur bergaya loteng memunculkan kenangan masa kecil tentang perkemahan musim panas atau tahun pertama kuliah. Namun, kehidupan kota yang sempit telah memberi perubahan. 

Sebagai solusi, Anda bisa mengatur tempat tidur dengan menaikkannya lebih tinggi dari lantai. Pengaturan tidur ini tidak hanya menyenangkan, tapi bisa memanfaatkan ruang di bawah tempat tidur untuk hal-hal lebih penting atau sebagai ruang penyimpanan. 

Sebagai solusi, Anda bisa rak pakaian terbuka atau gantungan pakaian yang ditempelkan pada dinding. Dengan demikian, dapat memiliki banyak ruang dan membuat kamar tidur kecl tampak lapang. 

Pasang rak terbuka 

Sesuai dengan namanya, rak terbuka akan membuka ruang di kamar tidur kecil. Pasang rak terbuka untuk menyimpan buku-buku, meletakkan tanaman, dan benda lainnya.

Rak terbuka ini bisa dipasang di seberang tempat tidur dan sebaiknya memilih warna rak yang sama dengan cat dinding. 

Gunakan tempat tidur lebih kecil

Langkah paling mudah membuat kamar tidur kecil tampak besar dan luas adalah memilih tempat tidur atau kasur berukuran kecil.

Meski sulit, perampingan ke sesuatu yang lebih kecil dapat memberikan ruang ekstra di kamar tidur. Dengan begitu, semuanya akan proporsional dan kamar tidur kecil akan terlihat lebih besar. 

Lengkapi dengan dekorasi netral seperti hitam, putih, dan nada kayu alami untuk nuansa kamar tidur yang menerawang.

Warna cat hitam tidak hanya terlihat halus, tetapi juga memiliki efek menenangkan dan dapat berkontribusi pada tidur malam yang lebih baik. 

Pasang tirai dari lantai ke plafon

Salah satu cara desainer interior Rebecca Hay menciptakan ilusi ruang adalah menambahkan tirai dari lantai ke plafon. Hal ini akan menarik perhatian ke atas dan menjauh dari efek ruangan yang kecil.

"Semakin tinggi menggantung batang gorden dari gorden, semakin tinggi pula plafonnya, yang juga menciptakan kesan megah di dalam ruangan," kata Hay.

Pastikan memilih perawatan jendela ringan - apa pun yang terlalu berat akan membuat kamar tidur semakin kecil. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/06/213000176/6-ide-dekorasi-membuat-kamar-tidur-kecil-terlihat-lebih-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke