Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah, Begini Cara Membuat Herbisida dari Bahan-bahan di Dapur

JAKARTA, KOMPAS.com - Gulma bisa tumbuh di tanah tempat Anda menanam tanaman, baik di pekarangan rumah maupun di pot. Penyebabnya adalah Anda telah menyediakan tanah yang mengundang dan sinat matahari menyinari gulma.

Untuk membunuh gulma yang bisa meresap nutrisi bagi tanaman, Anda dapat menggunakan herbisida, baik herbisida kimia maupun herbisida alami. Namun demikian, kini semakin banyak orang menggunakan herbisida alami untuk membasmi gulma.

Mencabut gulma dengan tangan selalu merupakan solusi yang paling dapat diandalkan, tetapi ada kalanya herbisida dapat menjadi pilihan praktis. Anda pun dapat membuat herbisida alami dari bahan yang ada di dapur.

Dilansir dari HGTV, Senin (6/12/2021), berikut cara membuat herbisida alami untuk membasmi gulma.

Bahan yang dibutuhkan

  • 3 liter cuka putih
  • 1 cangkir garam
  • 1 sendok makan sabun cuci piring

Campurkan bahan-bahan dalam botol semprot dan obati gulma pada waktu yang paling cerah untuk hasil terbaik.

Saat mencari alternatif alami untuk herbisida, campuran cuka, garam, dan sabun cuci piring cair memiliki semua bahan yang dibutuhkan untuk membunuh gulma dengan cepat.

Asam asetat dalam cuka dan garam keduanya sangat baik dalam menarik kelembapan dari gulma.

Sabun cuci piring bertindak sebagai surfaktan, yaitu zat yang akan menurunkan tegangan permukaan yang dapat menyebabkan ramuan pembasmi gulma menempel pada daun dan bukannya diserap oleh tanaman.


Pada hari yang hangat dan cerah, hasil semprotan buatan sendiri ini akan terlihat jelas dalam hitungan jam saat gulma berubah warna menjadi coklat dan layu.

Tergantung pada gulma dan musim, hasilnya bisa cepat dan efektif. Namun, herbisida alami pun ada kekurangannya.

Tidak seperti beberapa larutan kimia, formula ini tidak dibuat untuk masuk ke sistem akar, yang berarti beberapa perawatan mungkin diperlukan untuk mencegah gulma.

Selain itu, ketika mencari perbaikan cepat, sinar matahari membuat perbedaan besar dan asam asetat 5 persen di sebagian besar cuka rumah tangga mungkin tidak memenuhi harapan terhadap gulma yang lebih keras.

Selain kekurangannya, menyimpan herbisida buatan sendiri ini adalah senjata yang murah dan seringkali efektif melawan gulma yang mungkin muncul di sepanjang jalan setapak, pagar, atau fondasi rumah. Semprotkan gulma yang ditargetkan dan hindari menyiram tanah atau tanaman di dekatnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/06/125000876/mudah-begini-cara-membuat-herbisida-dari-bahan-bahan-di-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke