Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanaman yang Ampuh Mengusir Ular dari Pekarangan Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Ular adalah bagian penting dari ekosistem. Namun, banyak spesies ular memiliki bisa serta gigitan yang berbahaya bahkan mematikan bagi manusia.

Oleh karena itu, jika Anda tinggal di daerah rawan ular, cobalah menggunakan tanaman tertentu yang dapat mengusir ular berbisa dari pekarangan rumah Anda.

Lantas, tanaman apa saja yang dapat mengusir ular? Dikutip dari Pets, berikut 7 tanaman yang ampuh mengusir ular dari pekarangan.

1. Marigold

Selain bunganya yang berwarna cerah dan indah, tanaman ini telah lama ditetapkan sebagai salah satu pengusir hama dan ular yang paling ampuh.

Tanaman ini memiliki akar yang sangat kokoh dan mereka memancarkan bau yang kuat sampai ke lubang liang ular. Sehingga menghindarkan pekarangan rumah Anda dari ancaman ular berbahaya.

2. Lidah mertua

Lidah mertua adalah salah satu tanaman terbaik yang mengusir ular karena daunnya yang tajam. Selain itu, tanaman ini juga dapat meremajakan oksigen dengan kecepatan yang lebih tinggi dari biasanya.

Tidak seperti tanaman bau, ular menemukan pemandangan Lidah Mertua menakutkan. Ini adalah tanaman yang tampak bagus untuk dimiliki di sekitar taman sebagai cara untuk mencegah ular masuk ke rumah.

Tak hanya itu, kelebihan tanaman ini ialah perawatannya renda. Tanaman membutuhkan air hanya tiga kali seminggu dan tanaman tahunan ini akan bertahan selama bertahun-tahun.

3. Serai

Serai menghasilkan bau jeruk yang menyengat dan tidak disukai ular. Citronella juga merupakan produk sampingan dari serai, yang dibenci nyamuk.

Ini adalah salah satu tanaman terbaik yang mengusir ular, nyamuk, dan bahkan kutu dari kebun Anda. Serai tahan kekeringan dan mudah perawatannya.

4. Bawang merah dan bawang putih

Bawang merah dan bawang putih adalah tanaman kebun yang sangat berguna untuk mengusir ular. Kedua tanaman mengeluarkan bau yang tidak disukai ular, tetapi juga membingungkan mereka.

Tanaman bawang putih dianggap sebagai tanaman terbaik untuk mengusir ular. Sebab ia mengeluarkan residu berminyak ketika ular merayap di permukaannya.

Minyak ini bekerja sangat mirip dengan bawang ketika kita mengirisnya: aromanya membingungkan seperti semprotan merica.

5. Andrographis paniculata

Tanaman ini endemik di Asia, khususnya di India dan Sri Lanka. Memiliki akar dan daun yang sangat pahit sehingga ampuh untuk mengusir ular.

Diketahui bahwa tanaman ini memiliki efek kuat pada sisik ular. Konon, jika daunnya dioleskan pada kulit ular, maka akan kepanasan dan bengkak.

6. Akar ular

Ini adalah tanaman lain yang endemik di seluruh Asia. Juga dikenal sebagai lada setan (atau serpentina di Asia), ia memiliki akar pahit dan dedaunan yang digunakan untuk mengusir ular dari peternakan dan kebun.

Ini karena komponennya yang disebut reserpin yang menyebabkan pusing dan memperlambat detak jantung ular.


 

7. Agapanthus merah muda

Seperti Marigold, tanaman ini dapat mempercantik pekarangan Anda sekaligus berfungsi sebagai pengusir ular.

Tanaman ini memiliki bau yang kuat yang sangat menjengkelkan bagi ular. Menariknya, ini digunakan untuk mengobati infeksi sinus di antara orang-orang.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/04/103000176/7-tanaman-yang-ampuh-mengusir-ular-dari-pekarangan-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke