Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bolehkah Kucing Makan Telur Ayam?

JAKARTA, KOMPAS.com- Saat memikirkan makanan yang disukai kucing, telur mungkin tidak terlintas di benak Anda. Lebih dari itu, sebagian orang mengira bahwa telur bukanlah makanan yang lazim untuk kucing.

Padahal telur sangat berkhasiat untuk anabul kesayangan Anda. Lalu, apa saja khasiat dari telur ayam untuk kucing? Melansir dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

Telur adalah sumber protein dan lemak yang baik, dan kucing adalah hewan karnivoraang berarti mereka makan makanan yang sebagian besar protein hewani.

Telur tidak direkomendasikan sebagai satu-satunya sumber protein makanan untuk kucing Anda, tetapi kucing dapat makan telur untuk melengkapi protein di sisa makanan mereka.

Putih telur mengandung protein tanpa lemak. Kuning telur, di sisi lain, mengandung sebagian besar lemak dengan beberapa protein.

Jadi perhatikan bahwa memberi makan kuning telur kucing Anda akan meningkatkan kandungan lemak dari makanan mereka.

Cangkang telur mengandung kalsium dan mineral lainnya tetapi cenderung kurang enak ketika dimakan oleh kucing.

Melengkapi mineral dalam makanan kucing Anda hanya boleh dilakukan di bawah arahan dokter hewan.

Melansir dari PetMD, kucing bisa makan telur orak-arik atau telur rebus tanpa garam atau bumbu.

Tetapi ada risiko menjadi makanan yang telalu berlemak untuk kucing. Sebaiknya, sebelum memberikan telur kucing Anda, konsultasikan dengan dokter hewan Anda.

Orak-arik telur atau telur rebus yang mengandung kuning telur memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kandungan kalori sebagai penyebab obesitas.

Selain itu, makanan berlemak dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal (GI) dan pankreatitis.

Memberi makan hanya putih telur yang direbus atau diacak akan mengurangi risiko ini. Putih telur hampir tidak mengandung lemak, menjadikannya sumber protein yang lebih baik untuk kucing Anda.

Menurut Centers for Disease Control, menelan telur mentah atau putih telur mentah meningkatkan risiko terinfeksi bakteri yang disebut salmonella.

Salmonella dapat menginfeksi induk hewan peliharaan. Ini dapat menyebabkan gejala GI seperti muntah dan diare.

Salmonella menginfeksi 1,35 juta orang di Amerika Serikat setiap tahun dan membawa risiko rawat inap dan kematian pada manusia.

Secara umum, memberi makan telur mentah akan meningkatkan risiko Anda, keluarga, dan hewan peliharaan Anda terpapar bakteri berbahaya. Jauh lebih aman untuk memberi makan telur kucing Anda yang dimasak pada suhu internal 160°F.

Meski begitu, menurut akun Instagra @dokterhewankucom dijelaskan bahwa caraa terbaik memberikan telur ayam bisa diberikan kuning telurnya saja, tanpa putih telur, hal ini karena putih telur mengandung senyawa avidin yang dapat mengurangi vitamin B7 dalam tubuh kucing.

"Pemberian kuning telur bisa diberikan dalam kondisi mentah atau tanpa di masak, karena jika di masak akan mengurangi nutrisi yang terkandung di dalamnya. Untuk frekuensi pemberian cukup untuk 2-3 kali dalam seminggu satu kuning telur," lanjutnya dalam keterangan unggahan Instagram.

Nah, untuk memastikan apakah kucing Anda aman mengonsumsi kucing telur mentah, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter hewan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/21/104300276/bolehkah-kucing-makan-telur-ayam-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke