Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari 4 Hal Ini Saat Membersihkan Peralatan Masak Stainless Steel

JAKARTA, KOMPAS.com - Perlengkapan memasak berbahan stainless steel memang membuat dapur lebih berkilau dan terlihat bersih. Namun, ketika ada noda dan jejak tangan di permukaannya, akan memberikan kesan yang lebih kotor.

Seperti yang dilansir dari The Kitchn, Sabtu (20/11/2021) pembersihan perlengkapan stainless steel ini harus dilakukan secara berkala, namun ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan, seperti berikut ini. 

1. Jangan gunakan pemutih

Stainless steel tahan karat karena lapisan pelindung yang terbentuk ketika kromium dalam baja berinteraksi dengan oksigen di udara. Jika lapisan ini terganggu, kabar buruknya adalah logam di bawahnya bisa berkarat.

Pemutih adalah bahan kimia keras yang merusak lapisan kromium oksida dan dapat menyebabkan karat atau lubang terbentuk pada peralatan masak stainless steel.

Selain tidak menggunakan larutan pemutih, pastikan untuk membaca label produk pembersih dengan saksama untuk memastikan bahwa produk tersebut tidak mengandung pemutih sebelum menggunakannya pada peralatan baja tahan karat Anda.

2. Jangan gunakan wol baja atau alat abrasif lainnya

Wol baja dan alat abrasif lainnya dapat menggores permukaan peralatan baja tahan karat Anda. Seiring waktu, goresan ini dapat menumpulkan tampilan keseluruhan, dan tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkannya.

Jika Anda perlu mengatasi bekas karat, pembersih non-abrasif  aman dan efektif.

3. Jangan gunakan air

Air dapat meninggalkan bekas dan goresan air pada peralatan baja tahan karat, terutama jika Anda memiliki air sadah.


Jika Anda menggesek kain basah pada peralatan untuk membersihkannya dengan cepat, kemungkinan akan menghasilkan garis-garis yang terlihat setelah air mengering.

4. Jangan biarkan kotoran mengendap

Kotoran yang menempel pada peralatan Anda menjadi kotoran yang membandel, yang mungkin menggoda Anda untuk menggunakan metode pembersihan yang lebih keras.

Untuk menghindari masalah ini, bersihkan permukaan peralatan secara teratur dengan pembersih serbaguna yang aman dan jadikan pembersihan lebih dalam sebagai bagian dari rutinitas mingguan Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/20/141600576/hindari-4-hal-ini-saat-membersihkan-peralatan-masak-stainless-steel-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke