Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Dibuang, Skincare Kedaluwarsa Bisa Digunakan Membersihkan Rumah

Namun, ketika produk skincare sudah kedaluwarsa, siapa pun pasti enggan dan takut menggunakannya karena bisa berisiko buruk bagi kulit.

Meski begitu, produk skincare yang sudah kedaluwarsa masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan membersihkan rumah.

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu (17/11/2021), berikut berbagai manfaat skincare kedaluwarsa untuk membersihkan rumah. 

Micellar water

Micellar water yang kedaluwarsa bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembersih perabotan berbahan porselen.

Cukup tuangkan micellar water yang sudah kedaluwarsa ke kain lap bersih, lalu lap permukaan perabotan porselen untuk mengangkat debu dan bercak mengering. 

Moisturizer

Moisturizer atau pelembap kedaluwarsa bisa digunakan sebagai bahan pelembap untuk beragam jenis aksesori berbahan kulit agar tidak dihinggapi jamur dan menjadi rusak.

Meski begitu, perhatikan jenis moisturizer yang hendak digunakan. Pastikan moisturizer tidak mengandung pemutih demi mencegah warna pada bahan peralatan berbahan kulit yang mudah luntur.   

Toner

Manfaatkan toner kedaluwarsa untuk membersihkan beberapa barang dan perabotan rumah. Bila toner mengandung alkohol, bisa menggunakannya sebagai bahan pembersih kaca, cermin, hingga layar smartphone yang sudah kotor dan bernoda.

Sementara itu, untuk toner yang tidak mengandung alkohol, manfaatkan untuk membersihkan permukaan sepatu dan furnitur. 

Cleansing oil

Cleansing oil atau pembersih wajah kedaluwarsa bisa digunakan untuk mengembalikan kilau pada furnitur kayu. 

Cukup oleskan sunscreen pada permukaan yang ingin dibersihkan, lalu seka dengan kain kering. Seketika permukaan tersebut akan menjadi lebih bersih.

Krim wajah

Krim wajah yang sudah kedaluwarsa bisa menjadi bahan pembersih dan mengilapkan sepatu, terutama pada sepatu berwarna.

Oleskan krim wajah ke sepatu, lalu gosok secara merata, dan seketika sepatu akan lebih mengilap dan tampak  seperti baru. 

Lip balm

Lip balm yang sudah kedaluwarsa juga bisa digunakan untuk membersihkan sepatu. Namun, cuci sepatu terlebih dahulu seperti biasa, lalu jemur dan keringkan.

Setelah itu, oleskan lip balm ke permukaan sepatu layaknya menyemir sepatu. Kemudian angkat sisa lip balm yang menempel menggunakan kertas tisu atau kain lembut dan lihat hasil terbaik yang diperoleh. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/17/173400076/jangan-dibuang-skincare-kedaluwarsa-bisa-digunakan-membersihkan-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke