Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ciri-ciri Sofa Sudah Harus Diganti yang Baru

JAKARTA, KOMPAS.com—Sofa menjadi perabotan utama di ruang tamua tau ruang keluarga. Karena pemakaian sehari-hari, sofa bisa saja rusak dan juga lapuk.

Namun kita seringkali tidak memperhatikan sofa yang mulai lapuk dan menggantinya saat sofa benar-benar sudah rusak, atau saat kamu ingin mengganti suasana baru. 

Dilansir dari The Spruce, Senin (15/11/2021), umur rata-rata sofa adalah tujuh hingga 15 tahun. Namun ada baiknya kamu mengetahui tanda-tanda sofa harus diganti meski masih tampak belum rusak dan masa pakainya masih belum menyentuh angka 15 tahun.

Untuk kamu yang masih ragu apakah sofa sudah harus diganti atau belum, berikut adalah tanda-tanda sofa yang sudah diganti yang baru.

1. Sofa sudah tidak sesuai dengan ruangan

Kebanyakan dari kita mungkin membawa serta sofa dari kontrakan lama sebelum menikah. Namun, saat kamu sudah mulai menata rumah, sofa milikmu mungkin sudah tidak lagi relevan dengan desain dari ruangan.

Atau, ukurannya yang menjadi masalah, entah itu kekecilan atau kebesaran.

Jika hal ini terjadi, ada baiknya kamu memindahkan sofa ke tempat lain yang sesuai, atau, kamu bisa menggantinya dengan yang baru dan menjual sofamu jika kondisinya masih sangat baik.

Orang-orang yang hidup dalam masyarakat keliling biasanya membeli sofa pertama yang mereka lakukan setelah kuliah untuk menyewa apartemen, dan sekarang terlihat tersesat di ruang keluarga besar di rumah baru mereka.

Atau, mereka memperkecil ukuran dan sofa besar itu dipaksa masuk ke dalam ruang baru yang lebih kecil yang menghalangi pemandangan dari jendela.

2. Mulai terdengar suara berderit

Jika kamu mendengar suara berderit, meletus, atau berderit setiap kali seseorang duduk di atasnya, itu pertanda bahwa sofa mengalami kerusakan struktural.

Bunyi bising tersebut bisa menjadi masalah pada sambungan pada rangka kayu atau logam atau melemahnya pegas logam.


Furnitur yang lebih tua biasanya dibuat dengan kayu keras dan sekrup. Hal inilah yang menyebabkan bunyi berterit pada sofa.

Jika sofa ini bukanlah pusaka milik keluarga yang harus dijaga, perbaikilah ke tempat reparasi sofa profesional. Namun jika ini bukan sofa warisan, ada baiknya kamu segera menggantinya dengan yang baru.

3. Bantalannya datar dan ada lukukan bekas dudukan

Jika bantalan pada sofa sudah terasa datar dan bagian bantalan sofa sudah kendur, ini adalah pertanda lainnya yang menunjukkan bahwa kamu sebaiknya mengganti sofa dengan yang baru.

Bantalan datar biasanya diikuti dengan bekas lekukan sofa pada bagian-bagian yang sering diduduki.

Namun hal ini bisa juga diatasi dengan mereparasi bantalan sofa, terutama jika bagian pernya masih dalam kondisi bagus. Bawalah sofa ke bagian reparasi profesional untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

4. Bau tidak sedap atau menjadi penyebab gatal

Sofa sudah menampung banyak kotoran, diantaranya, bulu hewan peliharaan, popok bayi yang bocor, badan serta kaki anggota keluarga yang berkeringat. Hal ini menyebabkan bau tidak sedap yang seringnya tidak mudah hilang.

Penyedotan debu dan pembersihan uap secara teratur mungkin membantu, tetapi pada akhirnya, baunya bisa hilang. Jika ruangan seringkali berbau apek, bahkan setelah dibersihkan, mungkin sudah waktunya untuk membeli sofa baru.

Anda mungkin tidak memilih kain yang gatal saat membeli sofa, tetapi sekarang Anda merasa gatal setelah tidur siang dan bahkan mungkin ada bekas merah di kaki Anda. Anda mungkin terkena kutu busuk. Waktu apa yang lebih baik untuk mengganti sofa?

5. Gaya dekorasi sudah berubah

Mungkin motif bunga-bunga besar pada sofa sudah terkesan kuno dan tidak sesuai dengan gaya desain baru rumahmu, inilah saatnya menggantinya dengan yang baru

Kain pelapis pada sofa bisa jadi sangat kusut, warna sudah memudar, berlubang, atau retak-retak jika kamu menggunakan kulit sintetis sebagai pelapis sofa.

Jika sofa secara struktural masih dalam kondisi baik, ada pilihan untuk mengganti pelapis alih-alih langsung mengganti sofa dengan yang baru.

Segera bawa sofa ke tempat reparasi profesional agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/15/163000276/ciri-ciri-sofa-sudah-harus-diganti-yang-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke