Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Warna Cat yang Bisa Membuat Ruangan Tampak Luas dan Menenangkan

Melansir dari Home Guides SF Gate, Minggu (31/10/2021), warna merupakan bagian penting dalam mendekorasi ruangan karena dapat mempengaruhi suasana hati atau perasaan penghuni rumah. 

Warna-warna terang ideal untuk membuat ruangan terasa lebih besar, tetapi ada nuansa tertentu yang bisa membuat ruangan terasa tenang serta santai. 

Sementara itu, warna yang kaya dan jenuh seperti merah atau cokelat cenderung membuat ruangan terasa kecil serta nyaman. Permukaan cat yang mengkilap akan memantulkan cahaya dan ini membantu memperluas ruangan. 

Padukan warna lantai dan dinding dengan memilih warna yang sama untuk menghilangkan kontras serta membuat tepi ruangan kurang jelas. Pilih juga pola kecil untuk furnitur dan kain yang menyatu satu sama lain dan warna cat. 

Berikut beberapa warna cat yang dapat membuat ruangan tampak luas dan menenangkan. 

Cokelat

Cokelat gelap dan tebal menenangkan, tetapi dapat membuat ruangan tampak kecil. Namun, cokelat lembut hingga nada sedang menciptakan kekayaan, kehangatan, dan ketenangan.

Cokelat lembut juga memberikan latar belakang netral, yang memberi Anda lebih banyak pilihan untuk furnitur. 

Hijau

Hijau sangat ideal untuk ruangan di mana Anda ingin fokus atau bersantai. Hijau merupakan warna alam sehingga membuat berpikir tentang pertumbuhan, kesegaran dan harmoni.

Selain itu, menenangkan serta memunculkan perasaan aman dan nyaman. Nuansa berbasis kuning seperti zaitun menciptakan kehangatan, sedangkan hijau berbasis biru seperti aqua mengundang relaksasi juga ketenangan.

Keduanya bisa membuat ruangan terasa lebih besar, asalkan bernuansa terang hingga sedang. Aplikasikan hijau pada dinding dengan langit-langit yang lebih terang dan banyak cahaya untuk mendorong dinding ke belakang secara visual dan menciptakan perasaan sejuk. 

Biru

Biru mengingatkan pada langit dan laut sehingga memberi ketenangan dan ketenteraman. Biru pucat juga memberikan perasaan lapang.

Biru pucat hingga sedang sangat ideal untuk menciptakan lingkungan yang menenangkan karena menimbulkan perasaan tenang. Biru yang lebih gelap cenderung dramatis dan memberi energi.

Saat memilih biru untuk warna ruangan, perlu diingat bahwa beberapa nuansa bisa terasa dingin atau suram. Jadi, gunakan warna-warna hangat seperti kuning atau merah serta berikan banyak cahaya untuk mengatasi masalah ini. 

Saat mengecat ruangan dengan warna ungu, pertahankan spektrum yang lebih terang serta hiasi dengan warna putih dan biru untuk memberikan suasana tenang juga tenteram. 

Putih dan warna netral

Putih dan netral seperti abu-abu, krem, cokelat, atau krem, menciptakan latar belakang yang bersih dan lapang untuk desain atau skema warna apa pun.

Putih sering dikaitkan dengan kebersihan, kepolosan, dan kebaikan. Begitu pun warna netral, bisa menenangkan serta membuat ruangan terasa lebih besar dan lebih lapang.

Untuk menambahkan drama sambil menjaga suasana tetap tenang dan lapang, tambahkan semburat warna dengan perabotan dan kain.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/31/183000776/5-warna-cat-yang-bisa-membuat-ruangan-tampak-luas-dan-menenangkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke