Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Mengganti Bantal Sofa? Perhatikan 5 Hal Ini

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Jumat (29/10/2021), mengganti bantal dapat memberikan kehidupan baru ke dalam sofa tersebut.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat mengganti bantal sofa. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih bantal sofa yang tepat. 

Jenis pengisi bantal

Pengisi bantal pada sofa memiliki efek langsung pada berapa lama bantal akan mempertahankan dukungannya.

Memilih pengisi yang tepat dimulai dengan menentukan apa yang Anda inginkan dari bantal  dan umur pemakaian yang diharapkan dari bantal. 

Bantalan kursi khas di sofa memiliki busa dengan peringkat 22/27, yang keras sedang dan mudah memantul kembali.

Bantalan punggung dengan peringkat 15/15 sedikit lebih lembut. Sedangkan jenis pengisi longgar seperti poliester atau serpihan busa tidak cocok untuk bantal sofa karena produk lebih cepat rusak.  

Pengisi bantal dekoratif bulu siap pakai bisa memiliki harga kurang dari seperempat harga pengisi bantal bulu angsa berkualitas tinggi dengan jaminan yang lebih memiliki daya tahan lebih lama. 

Jika Anda memilih bantal dengan usia pemakaian 10 tahun, pertimbangkan harapan hidup sofa. Jika sofa diperkirakan tidak akan bertahan 10 tahun, pilihlah pengganti bantal yang lebih sesuai dengan umur sofa yang diharapkan.

Umumnya, semakin lama ingin bantal bertahan, semakin banyak Anda harus membayar lebih untuk jenis pengisi bantalnya. 

Perawatan dan pemeliharaan

Cara merawat bantal juga mempengaruhi jenis bantal yang cocok untuk sofa. Bantal dengan pengisi bulu adalah bantal dengan perawatan tinggi. Bantal jenis ini harus diguncang dan ditepuk-tepuk setelah setiap “duduk”. 

Di sisi lain, bantal busa, dapat dicuci dengan air dan dibiarkan kering dengan sedikit efek pada produk. Pertimbangkan juga bahwa bantal lateks bersifat hipoalergenik, sementara bantal busa dan bulu tidak bersifat hipoalergenik. 

Pertimbangan gaya dan desain 

Gaya dan desain sofa dapat mempengaruhi jenis bantal yang cocok untuk potongan tersebut. Misalnya, sofa berlapis chenille yang empuk berlengan biasanya akan memiliki bantal yang empuk.

Busa yang keras dan tebal tidak sesuai dengan gaya sofa ini. Sementara itu, sofa geometris modern cocok dengan bantalan busa keras yang tebal, sementara bantal yang lembut dan berisi tidak sesuai dengan gaya desain tersebut. 

Pilih kain yang tepat

Di rumah dengan anak kecil, sebaiknya memilih sarung bantal yang terbuat dari kain dryclean untuk lebih sesuai dengan kebutuhan keluarga. Pilih kain yang mudah dicuci sehingga ketika kotor atau bernoda bisa dibersihkan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/29/233500876/ingin-mengganti-bantal-sofa-perhatikan-5-hal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke