Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Menjaga Kamar Mandi Tetap Harum Tanpa Pewangi Ruangan

Namun, penggunaan pengharum kamar mandi yang perlu diganti berkali-kali bisa terasa mahal dan kurang baik bagi kesehatan. Untungnya, mengharumkan kamar mandi tidak perlu menggunakan pengharum ruangan. 

Dilansir dari Bright Side, Sabtu (23/10/2021), berikut delapan cara menjaga kamar mandi tetap harum tanpa pewangi ruangan. 

Jaga agar handuk tetap kering

Menyimpan handuk yang masih lembap di dalam kamar mandi adalah ide buruk karena kamar mandi adalah ruangan yang sangat lembap.

Setelah selesai digunakan, disarankan mengeringkan handuk di bawah sinar matahari. Ketika sudah kering, kamu dapat menggantung handuk di kamar mandi, tetapi lebih baik jika menyimpannya di tempat yang lebih kering. 

Manfaatkan kekuatan asam lemon

Lemon adalah salah satu bahan terbaik untuk membersihkan dan menghilangkan bau tak sedap. Selain itu, lemon dapat menyegarkan dan menjadi pembersih alami yang ampuh karena mengandung asam sitrat yang tinggi. 

Idealnya, untuk menggunakan lemon, cobalah menggosokkan lemon ke seluruh kamar mandi setelah membersihkan barang-barang. Dengan cara ini, efeknya akan bertahan lebih lama pada permukaan. 

Gunakan minyak esensial

Minyak esensial efektif mengharumkan ruangan dan menghilangkan bau tak sedap, termasuk untuk kamar mandi. Rendam bola kapas ke dalam minyak esensial pilihan dan letakkan secara strategis di sekitar kamar mandi. 

Gunakan baking soda 

Baking soda terkenal ampuh menghilangkan bau tak sedap dan paling keras. Gunakan baking soda dalam rutinitas pembersihan dengan mencampurkannya bersama air mendidih.

Setelah itu, tuangkan baking soda pada permukaan yang ingin dibersihkan serta diamkan larutan selama beberapa menit sebelum dibersihkan. Kamu bisa menggabungkan baking soda bersama lemon.  

Tambahkan detergen ke tangki kloset

Ada sedikit tips yang bisa kamu lakukan agar air bilasan kloset duduk di kamar mandi menjadi lebih aromatik.

Cukup tambahkan sedikit detergen yang memiliki aroma harum ke dalam tangki kloset. Dengan begitu, air bilasan kloset akan mengeluarkan aroma harum ketika kamu menekan tombol flush untuk menyiram kloset. 

Buat penyegar udara buatan sendiri

Untuk saat ini, membuat pengharum ruangan buatan sendiri telah menjadi semacam tren yang dilakukan banyak orang. Membuat pengharum ruangan sendiri sebenarnya cukup sederhana.

Satu-satunya hal yang kamu perlukan adalah botol kaca yang bagus, batang kayu, air, alkohol, dan minyak esensial favorit.

Jika belum memutuskan minyak mana yang paling kamu sukai, ada daftar minyak esensial paling populer seperti lavender, pohon teh (tea tree oil) kayu putih, peppermint, jeruk manis, dan serai. 

Pastikan udara di dalam kamar mandi bersikulasi setiap hari

Selain semua hal di atas, peretasan paling sederhana dan paling sehat dari semuanya adalah membiarkan udara kamar mandi bersirkulasi.

Ventilasi ruangan akan memungkinkan bau tidak sedap mengalir keluar. Jadi, pastikan ventilasi udara di dalam kamar mandi terjaga dengan baik.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/23/214000976/8-cara-menjaga-kamar-mandi-tetap-harum-tanpa-pewangi-ruangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke