Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Kompor Kaca

Meski begitu, kamu perlu berhati-hati saat hendak menyeka atau membersihkan lapisan kompor kaca. Kesalahan membersihkan dapat menyebabkan goresan dan kerusakan permanen pada kompor kaca. 

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu (20/10/2021), berikut ini lima hal yang harus dihindari saat membersihkan kompor kaca. 

Menggunakan spons yang kasar

Saat hendak mengelap atau membersihkan permukaan kompor kaca, hindari penggunaan sisi kasar pada spons cuci piring.

Sebab, sisi kasar spons cuci piring terlalu abrasif dan dapat menyebabkan goresan permukaan. Untuk itu, gunakan sisi spons yang lembut untuj mengelap atau membersihkan kompor kaca. 

Menggunakan sabut kawat cuci piring

Menggunakan sisi kasar spons cuci piring saja dapat meninggalkan goresan pada permukaan kaca kompor, apalagi sabut kawat cuci piring. 

Selain itu, sabut kawat cuci piring dapat meninggalkan lubang yang dalam pada permukaan kompor kaca. Pada akhirnya, makanan bisa tersangkut di celah-celah ini dan meninggalkan bekas goresan pada kompor kaca. 

Untuk menghilangkan kotoran yang keras dan kering, pilihan terbaik adalah mengandalkan pisau silet. Pegang silet pada sudut 45 derajat dan singkirkan kotoran dari permukaan kaca. 

Membersihkan kompor kaca saat masih panas

Sebelum membersihkan kompor kaca, pastikan kompor dalam keadaan dingin. Sebab, kompor kaca yang masih panas dapat membuat bahan pembersihdengan cepat membakar dan merusak lapisan kaca serta meninggalkan lubang atau gundukan yang tak diinginkan.

Menggosok dengan kuat

Saat membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan, hindari menggosok atau membersihkan dengan kuat. Memberi terlalu banyak tekanan dapat mengakibatkan kaca kompor menjadi retak. Sebaiknya, gosok kompor dengan ringan atau pelan. 

Menggunakan pembersih kaca

Tampaknya logis untuk menggunakan pembersih kaca di atas kompor kaca, tapi itu bukan ide bagus. Kandungan amonia dalam pembersih kaca terlalu kuat untuk membersihkan bagian atas kompor kaca dan dapat menyebabkan kerusakan.

Alternatif bahan pembersih yang lebih baik digunakan untuk kompor kaca adalah cuka putih.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/20/193000676/5-hal-yang-harus-dihindari-saat-membersihkan-kompor-kaca

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke