Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Aspek Penting untuk Menciptakan Kamar Mandi Modern dan Nyaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi menjadi salah satu ruang penting pada sebuah bangunan rumah untuk kegiatan mandi dan membersihkan diri.

Apabila kamu berencana membuat atau merenovasi kamar mandi, maka pastikan untuk membuatnya tampak modern dan juga nyaman. Untuk kamar mandi yang modern dan nyaman, ada tiga hal penting yang perlu kamu terapkan saat akan membangun atau membuatnya.

Dikutip dari kanal YouTube livinglovingnet, Rabu (20/10/2021), berikut ini tiga hal penting untuk membuat kamar mandi modern dan nyaman.

1. Pemetaan area kamar mandi

Secara umum ada tiga komponen mendasar dalam suatu kamar mandi, yakni wastafel, kloset atau toilet, dan area mandi seperti bak mandi, shower, ataupun, bathtub.

Kamu bisa membagi area kamar mandi dengan tirai kamar mandi, kaca, maupun dinding permanen untuk dijadikan sebagai pembatas antara area kering (wastafel dan kloset) dan area basah (area mandi).

Jika menggunakan tirai kamar mandi, maka pilih tirai polos berwarna yang sesuai dengan tema ruangan, atau tirai bermotif grafis yang sesuai kepribadian.

Perbedaan level ketinggian pada lantai area basah dan kering juga penting untuk mencegah terjadinya genangan air dan menjaga area lainnya tetap kering.

2. Mengatur tempat penyimpanan

Ada berbagai pilihan tempat penyimpanan yang bisa diaplikasikan di kamar mandi, yakni penyimpanan terbuka atau penyimpanan tertutup.

Untuk penyimpanan terbuka bisa seperti rak dan ambalan untuk meletakkan barang-barang yang sering digunakan, sehingga mudah untuk diakses.

Selain praktis, penyimpanan terbuka bisa dibuat lebih dekoratif. Tambahkan tanaman pada ambalan untuk menambah kesegaran, atau tambahkan wadah berisi koleksi sabun dan bath bomb.

Sementara penyimpanan tertutup untuk menyimpan persediaan atau perabot kamar mandi.

Penyimpanan tertutup digunakan sebagai pengganti kabinet. Pilih keranjang dengan penutup untuk menyimpan handuk kecil atau tisu gulung tambahan.

Selain rak dan kabinet, banyak alternatif penyimpanan lain yang bisa juga kamu gunakan.

Kamu bisa menggunakan rak gantung untuk menyimpan peralatan mandi atau peralatan kebersihan, wadah, dan kotak-kotak untuk menyimpan berbagai perlengkapan mandi.

3. Pemilihan material dan warna

Selain fungsi, tidak ada salahnya menata kamar mandi agar tetap cantik, nyaman, dan sesuai dengan gaya desain yang kamu suka.

Kreasikan gaya desain kamar mandi melalui pemilihan material dinding, lantai, dan peralatan kamar mandi.

Kamu bisa bermain dengan material dinding seperti bentuk-bentuk geometris, atau gaya desain tertentu seperti industrial, mid century, dan lainnya.

Untuk keamanan, pastikan material lantai yang kamu pilih kamu aman dan tidak mudah licin saat basah.

Warna juga berperan penting dalam menciptakan nuansa dan mood pada ruang kamar mandi. Kamu bisa memilih warna-warna terang seperti putih untuk memberikan kesan luas dan bersih.

Agar lebih unik dan personal, kamu bisa tambahkan aksen warna. Bisa juga dengan pemilihan warna gelap, seperti abu-abu atau hitam untuk memberikan kesan netral dan menenangkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/20/111707176/3-aspek-penting-untuk-menciptakan-kamar-mandi-modern-dan-nyaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke