Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Ide Dekorasi Balkon Sempit agar Nyaman dan Sedap Dipandang

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda memiliki balkon sempit di rumah atau apartemen, jangan jadikan kondisi ini penghalang untuk mendekorasi. Bahkan balkon sempit bisa menjadi ruangan yang tampak mewah dan terasa nyaman.

Dengan sedikit ide kreatif, Anda dapat mengubah balkon sempit menjadi tempat istirahat, bekerja, dan bersantai yang nyaman dan sedap dipandang.

Dilansir dari The Spruce, Senin (18/10/2021), berikut sejumlah ide dekorasi balkon sempit agar terasa nyaman dan sedap dipandang, sehingga dapat menjadi lokasi favorit Anda sekeluarga.

1. Hias dengan pola dan tekstur

Jika Anda ingin balkon sempit terasa mewah, maka gunakan pola dan tekstur untuk mendekorasi. Melapisi elemen nyaman melalui tekstil, seperti karpet bermotif dan bantal mewah, akan membuat balkon sangat nyaman.

Untuk hasil maksimal, cari elemen tekstil yang menambah fungsi dan keindahan. Misalnya, satu set gorden linen yang menjadi elemen pelindung yang juga terlihat indah.

2. Tambahkan rak tanaman

Meskipun Anda mungkin ingin menambahkan tanaman sebanyak mungkin ke balkon, pertanyaannya adalah, di mana harus meletakkannya?

Jika Anda memiliki ruang vertikal yang tersedia, coba gunakan rak untuk menampung beberapa tanaman kecil.

Rak tanaman dapat bekerja dengan sangat baik untuk tanaman merambat atau menggantung seperti sirih gading maupun string of pearls, sehingga dapat dipajang dengan cantik.


3. Lampu hias

Jika Anda ingin menikmati waktu malam hari di balkon, maka Anda pasti harus menambahkan pencahayaan. Anda bisa menambahkan lampu hias atau lampu gantung dekoratif.

Lampu tersebut tidak hanya estetis, namun juga memancarkan cahaya lembut yang tidak terlalu keras. Anda juga dapat memilih lilin yang ditempatkan dengan baik dan lentera bergaya klasik.

4. Tirai untuk privasi

Jangan biarkan pemandangan biasa-biasa saja atau tatapan mengintip dari tetangga menghentikan Anda menikmati balkon yang indah. Tirai dapat menambahkan daya tarik dan privasi ke balkon sempit.

Anda dapat menggantung gorden lebih tinggi dari bingkai atau menggantungkannya di atas pagar untuk memungkinkan diri Anda melihat pemandangan tetapi tetap menjaga privasi.

5. Tambahkan semburat warna

Tidak perlu terpaku pada warna-warna netral untuk menciptakan suasana balkon yang nyaman. Menambahkan semburat warna dapat mengubah balkon yang menjemukan menjadi sesuatu yang semarak dan menarik.

Misalnya, Anda dapat meletakkan bangku atau meja yang dicat dengan warna cerah sebagai aksen warna pada balkon.

6. Payung atau kanopi

Payung atau kanopi luar ruangan akan melindungi Anda dari sinar matahari yang menyengat. Anda bahkan dapat mendirikan tenda putih untuk pendekatan yang unik.

Tambahkan beberapa bantal dan tempat untuk berbaring, dan Anda siap menikmati siang hari di udara segar tanpa takut sinar matahari yang terik.

7. Tanaman hias

Jangan takut untuk menambahkan banyak tanaman hias yang subur ke dekorasi balkon sempit Anda. Pemilihan tanaman hias dalam berbagai jenis, ukuran, dan pengaturan yang berbeda dapat membuat balkon terasa seperti hutan belantara pribadi.


8. Gunakan furnitur yang dapat dilipat

Gunakan furnitur yang dapat dilipat seperti meja lipat. Pilih meja dengan kemampuannya berfungsi sebagai meja kecil saat dibutuhkan, kemudian mudah disimpan saat tidak digunakan.

9. Tanaman gantung

Jika Anda ingin menggabungkan kecintaan pada tanaman dengan keinginan untuk menyendiri, maka tanaman gantung mungkin merupakan pilihan ideal.

Menggantung beberapa baris tanaman gantung dari langit-langit dapat menciptakan kanopi rimbun yang melindungi Anda dari mata-mata dan penampilan yang tidak diinginkan.

Dengan bonus bahwa menggantung tanaman menghemat ruang untuk sisa balkon, ini adalah langkah yang menguntungkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/18/075600776/9-ide-dekorasi-balkon-sempit-agar-nyaman-dan-sedap-dipandang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke