Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanaman Hias Daun Warna-warni yang Cocok di Kamar Tidur

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak ada salahnya meletakkan beberapa tanaman hias di kamar tidur. Tanaman hias tidak hanya menambah daya tarik, namun juga membantu menciptakan perasaan tenang dan santai yang sangat penting di kamar tidur.

Selain itu, tanaman dalam ruangan juga memiliki manfaat kesehatan, baik fisik maupun mental. Misalnya, tanaman hias membantu membersihkan udara, menghilangkan bahan kimia dan polutan yang berpotensi berbahaya

Tanaman hias di dalam pot juga meningkatkan tingkat kelembapan kamar tidur, menenangkan sinus kering, kulit, mata, dan tenggorokan. Pun tanaman tanaman melepaskan oksigen, meningkatkan kualitas udara kamar tidur.

Bagi kesehatan mental, merawat tanaman terbukti mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan.

Jika Anda benar-benar ingin menghidupkan kamar tidur, ada beberapa tanaman hias daun berwarna-warni yang dapat Anda pilih. Dilansir dari The Spruce, Senin (11/10/2021), berikut beberapa di antaranya.

1. Begonia polkadot

Tanaman ini memiliki daun bermotif dengan warna putih, merah muda atau merah. Namun, satu-satunya kelemahan tanaman begonia polkadot adalah umumnya tidak berumur panjang.

Dengan demikian, rencanakan untuk menggantinya setelah satu atau dua musim. Tempatkan tanaman di dekat jendela yang cerah dan sirami secara teratur.

2. Coleus

Coleus menawarkan berbagai macam warna dedaunan, seperti hot pink, oranye, merah anggur, hijau limau, cokelat, ungu, kuning dan krem. Coleus menyukai lingkungan yang hangat, ringan dan lembap.


Agar tanaman ini senantiasa sehat, sirami secara teratur. Letakkan tanaman di dekat jendela yang terang tapi tidak panas dan semprot daunnya sesekali.

3. Tradescantia

Tradescantia memiliki beberapa varietas daun berwarna-warni. Kebanyakan tanaman ini ditanam pada pot gantung.

Pola dan warna daun tergantung pada varietasnya, tetapi banyak yang memiliki daun bergaris putih dan hijau dengan bagian bawah ungu. Beberapa memiliki garis ungu atau merah muda.

Jauhkan Tradescantia dari cahaya yang terlalu terang, dan biarkan tanah sedikit mengering di antara penyiraman.

4. Puring

Puring memang bukanlah tanaman hias yang paling mudah untuk ditanam, karena menyukai suhu hangat dan kelembapan tinggi. Tapi tidak ada salahnya meletakkanya di dalam kamar tidur.

Letakkan puring di dekat jendela yang terang,ntetapi jangan di tempat yang panas terik. Semprot daun tanaman beberapa kali dalam seminggu.

Puring lebih menyukai tanah yang lembap, tetapi tidak basah. Jika dirawat dengan benar, puring akan memberi Anda daun yang menyala dalam nuansa warna merah, kuning, dan oranye.

5. Peperomia

Keluarga Peperomia meliputi banyak varietas warna-warni. Salah satunya adalah Peperomia obtusifolia, yang memiliki daun berwarna kuning krem dan hijau.


Adapun Peperomia clusiifolia memiliki daun warna pink yang cantik. Varietas lain memiliki daun ungu atau garis-garis keperakan.

Secara umum, peperomia menyukai cahaya sedang, tanah yang terus-menerus lembap tetapi tidak pernah basah, dan dosis pupuk tanaman hias sesekali.

6. Fittonia

Fittonia terlihat seperti memiliki jaring di atas daunnya. Tergantung pada varietasnya, jaring bisa berwarna putih, merah muda atau merah.

Fittonia memiliki sifat agak temperamental. Tanaman ini membutuhkan kelembapan tinggi, cahaya rendah, dan suhu sedang, tetapi tidak dapat mentolerir genangan air atau tanah yang basah.

Jika Anda benar-benar ingin membuat Fittonia bahagia, tanamlah di terarium.

7. Rex begonia

Rex Begonia digemari karena dedaunannya yang menakjubkan, yang hadir dalam berbagai warna yang menakjubkan, termasuk oranye, perak, ungu, emas, merah muda dan merah, serta pola mencolok yang bervariasi, dari berputar-putar seperti motif cangkang siput hingga belang, jaring atau bercak.

Letakkan Rex Begonia di lokasi yang cukup terang tetapi tidak panas, dan jaga agar tanah tetap lembap tetapi tidak terlalu basah.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/11/071900876/7-tanaman-hias-daun-warna-warni-yang-cocok-di-kamar-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke