Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Warna Cat Dinding Bisa Pengaruhi Mood Anda, Ini Kata Desainer Interior

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya sebagai elemen dekorasi, warna cat dinding ternyata dapat memiliki efek yang kuat pada perasaan dan suasana hati kita saat masuk ke sebuah ruangan.

Warna tertentu dapat memicu perasaan hangat dan nyaman, menginspirasi semangat gembira, atau menciptakan suasana yang menenangkan. Semuanya bermuara pada teori warna, yang menjelaskan bagaimana manusia mempersepsikan warna dan bagaimana perbedaan warna berhubungan satu sama lain.

"Ilmu dasar teori warna mengatakan bahwa setiap warna memiliki frekuensinya sendiri yang menyatu dengan energi pribadi kita sendiri," kata Jessica Shaw, direktur desain interior dari firma arsitektur dan interior Turett Collaborative, seperti dikutip dadi Better Homes & Gardens, Kamis (30/3/2021).

"Alasan orang yang berbeda lebih memilih warna yang berbeda adalah karena kita semua bereaksi terhadap rangsangan visual dengan cara yang berbeda," imbuh dia.

Ada banyak penelitian tentang bagaimana warna memengaruhi suasana hati alias mood, menghubungkan nuansa warna hangat seperti merah dan kuning dengan perasaan gembira dan gembira.

Sebaliknya, rona dari sisi roda warna yang lebih dingin, seperti nuansa warna dari sisi yang lebih dingin, seperti biru dan hijau, diasosiasikan dengan ketenangan.

"Respons ini seringkali bersifat psikologis, tetapi juga dapat dipengaruhi oleh budaya dan pengalaman hidup kita," terang Michelle Bove, pendiri firma desain interior dan arsitektur DesignCase.

Kuncinya adalah menghias dengan aksesori dan pilihan warna cat yang beresonansi positif dengan Anda dan membantu mendorong suasana hati yang ingin diciptakan.

"Agar seseorang merasa gembira dan nyaman di rumah mereka sendiri, mereka harus mulai dengan warna yang biasanya mereka sukai," papar Bove.

Selanjutnya, pertimbangkan bagaimana ruangan akan digunakan dan oleh siapa. Misalnya, apakah itu tempat pribadi yang ditujukan untuk relaksasi, atau apakah itu ruang penyambutan tamu yang dilengkapi untuk hiburan?

Berikut adalah empat cara Anda dapat memanfaatkan warna untuk menumbuhkan suasana hati tertentu.

1. Warna untuk suasana ceria dan enerjik

Ruang di mana Anda ingin merasa ceria dan berenergi, seperti dapur dan area pintu masuk rumah mendapat manfaat dari warna-warna cerah dan hangat. Pikirkan kuning, oranye, dan merah untuk warna dan aksesori dinding.

Jika tidak, Shaw menyarankan untuk menggunakan warna intensitas tinggi yang sesuai dengan spektrum warna, tidak dicampur atau dilunakkan dengan warna lain.

"Dalam proyek baru-baru ini, saya menggunakan aksen oranye dan hijau, yang merupakan warna komplementer yang saling menggairahkan, yang menghadirkan suasana yang menyegarkan dan semarak ke area tersebut," ujarnya.

2. Warna untuk suasana tenang

Biru dan hijau sering dikaitkan dengan air dan alam, serta membantu mendorong ketenangan dan. Terapkan warna-warna menenangkan ini di dinding kamar tidur, kamar mandi, dan ruang lain yang berfungsi sebagai tempat peristirahatan pribadi.

Seimbangkan warna biru atau hijau dengan warna netral dan batasi palet hanya pada beberapa warna untuk efek menenangkan. Saat Anda memilih warna, pertimbangkan ronanya. "

"Semakin putih Anda menambahkan warna, semakin pastel dan damai akan muncul," jelas Shaw.

3. Warna untuk suasana kehangatan dan kenyamanan

Untuk membangun rasa hangat dan nyaman, Bove merekomendasikan warna netral seperti cokelat, atau kelabu tua. Jika warna netral tampak terlalu hambar untuk Anda, pertimbangkan untuk menggunakan beberapa warna halus dengan nada cokelat untuk menambah kedalaman.

Misalnya, mustard-kuning, zaitun yang diredam, dan lembayung muda berlumpur dapat memiliki efek menenangkan yang sama seperti cokelat asli.

Nuansa hangat dan bersahaja ini cocok digunakan di ruang keluarga tempat Anda sering berkumpul bersama teman dan keluarga. Menggabungkan berbagai tekstur dan nada meningkatkan suasana yang menarik.


4. Warna untuk suasana intim

Terapkan nuansa hitam dan ungu untuk membangkitkan rasa misteri dan imajinasi. Ini sangat ideal di kamar tidur di mana sebagian besar waktu Anda dihabiskan untuk bermimpi.

Nuansa yang dalam dan dramatis, seperti arang atau terong, menyelimuti ruangan dengan perasaan yang nyaman dan intim. Shaw condong ke arah ungu muda yang diwarnai abu-abu untuk menciptakan suasana yang tenang dan lapang.

"Dari semua warna, lavender pucat yang berada di tepi abu-abu adalah warna yang secara pribadi saya kaitkan dengan ketenangan dan mimpi indah," ungkap Shaw.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/30/100026576/warna-cat-dinding-bisa-pengaruhi-mood-anda-ini-kata-desainer-interior

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke