Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Memilih Warna Dapur Farmhouse

Dapur farmhouse memiliki tampilan atau suasana yang nyaman dengan elemen perdesaan atau rustic. Dapur farmhouse menjadi salah satu gaya dapur yang cukup banyak digemari. 

Menurut laporan tren 2019 dari Asosiasi Dapur dan Kamar Mandi Nasional (NKBA), dapur farmhouse atau pertanian adalah salah satu dari empat gaya dapur yang paling banyak diminati dan bakal terus tumbuh dalam beberapa tahun ke depan. 

Dapur farmhouse sering kali berwarna netral seperti putih dan warna kayu. Meski demikian, skema warna ini tidak semuanya tentang putih dan nada kayu. 

Melansir dari Better Homes and Gardens, Minggu (26/9/2021), berikut ini tips memilih warna dapur farmhouse yang memberi kenyaman.  

Mulailah dengan warna netral

Putih, abu-abu, dan krem adalah warna dasar dari dapur farmhouse. Memilih warna cat netral yang tepat adalah langkah pertama mencapai gaya dapur farmhouse yang sempurna.

Warna netral akan bertindak sebagai warna dasar di ruangan, menutupi lemari, dinding, atau keduanya.

Namun, Stephanie Pierce, Direktur Desain dan Tren di MasterBrand Cabinets mengatakan banyak pemilik rumah dan desainer kini beralih ke palet yang lebih bersahaja. 

"Warna putih pekat melunak menjadi krim khaki, nada kayu yang ringan hingga sedang, dan warna berbasis alam," katanya. 

Periksa suhu warna

Jika merencanakan perombakan dapur farmhouse, hal pertama yang perlu dipertimbangkan apakah memiliki elemen yang ada (seperti meja atau lantai) untuk dikerjakan.

Pastikan memeriksa elemen tersebut sebelum memilih warna cat netral. Warna cat baru Anda harus melengkapi warna permukaan dapur Anda.

Jadi, carilah warna dengan suhu yang sama. Misalnya, krem dingin akan selaras dengan meja abu-abu tua, sementara cat krem akan menarik kehangatan dari lantai kayu. 

Namun, warna lemari atau kabinet dapur farmhouse tidak terbatas pada warna netral. Bias pula dicat dengan warna lembut atau warna yang lebih berani. 

Dapur farmhouse biasanya adalah ruang yang terang. Jadi, terlepas dari warnanya, warna terang umumnya bekerja paling baik.

Maksimalkan cahaya

Salah satu ciri khas gaya rumah pertanian adalah suasana yang ringan dan lapang.

Jika tidak memiliki jendela dan pintu terdekat yang menawarkan banyak cahaya alami, simpan warna yang lebih gelap dan lebih jenuh untuk aksen.

Selain itu, gunakan warna cerah untuk permukaan yang dominan. Backsplash yang memiliki tampilan glossy juga dapat memantulkan cahaya.

Dalam tata letak dapur kecil atau ramai, lampu gantung sederhana atau perlengkapan lampu lain yang tidak memakan banyak ruang visual akan membantu ruangan terasa lebih besar dan cerah. 

Aksen gelap 

Warna-warna terang mendominasi ruang-ruang yang terinspirasi rumah pertanian tradisional, tetapi warna dapur farmhouse modern mencakup warna yang lebih gelap dan lebih jenuh. 

Salah satu tips memilih warna dapur farmhouse adalah mempertimbangkan warna gelap untuk aksen tak terduga seperti lampu hitam tebal, kursi hitam, atau meja dapur atau island hitam. 

"Evolusi yang menarik dalam gaya dapur pertanian modern adalah bahwa warna umum untuk shiplap biasanya putih atau abu-abu, tetapi juga memiliki daya tarik dramatis baru dalam nada yang lebih gelap," ucap Pierce.

Warna yang lebih gelap ini paling serbaguna ketika memiliki sedikit nada abu-abu, hitam, bahkan hijau.

 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/26/152453676/5-tips-memilih-warna-dapur-farmhouse

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke