Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Dapur Dalam Sekejap

Untuk itu, bau tak sedap di dapur harus cepat-cepat diatasi agar kegiatan memasak dan sebagainya bisa dilakukan dengan lancar. Untungnya, bau tak sedap di dapur dapat diatasi dalam sekejap dengan beragam cara mudah.

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (23/9/2021), berikut ini ragam cara menghilangkan bau tak sedap di dapur dalam sekejap. 

Rebus air dengan kulit jeruk, kayu manis, dan kapulaga

Langkah pertama menghilangkan bau tak sedap di dapur dalam sekejap adalah merebus air sampai mendidih. Setelah itu, kecilkan api dan tambahkan kulit jeruk ke dalam air rebusan.

Biarkan kulit jeruk dan air mendidih bersamaan selama dua menit dalam api kecil, kemudian tambahkan kayu manis dan kapulaga atau rempah-rempah lain-lainnya.

Selanjutnya, biarkan uap menyebar ke seluruh dapur untuk menghilangkan bau. 

Semprot dengan penyegar udara buatan

Isi botol semprot dengan tiga perempat cangkir air, dua sendok makan alkohol, dan 10-20 tetes minyak esensial seperti lavender, peppermint, jeruk, atau cengkih. 

Kemudian, aduk rata hingga semua bahan tercampur. Bila sudah tercampur, semprotkan pengharum ruangan buatan tersebut untuk menghilangkan bau tak sedap di dapur.

Setelah selesai digunakan, simpan penyegar udara buatan di bawah wastafel sehingga dapat menyemprotkannya saat diperlukan kapan pun. 

Manfaatkan lemon

Potong lemon menjadi dua bagian, lalu masukkan ke air mendidih dan biarkan mendidih selama 10 menit. Uap yang dihasilkan dari lemon ini dapat menghilangkan bau di dapur sekaligus menyegarkan dapur.

Letakkan semangkuk bubuk kopi

Bubuk kopi memiliki aroma yang begitu kuat sehingga mampu menghilangkan bau tak sedap di dapur. Cukup letakkan mangkuk berisi bubuk kopi di meja dapur dan sekitarnya untuk menetralisir bau. 

Letakkan arang di tempat sampah

Bau tak sedap di dapur umumnya berasal dari tempat sampah. Untuk itu, kamu perlu menghilangkan sumber bau ini terlebih dahulu agar tidak menimbulkan bau serta mencemari udara di dapur.

Selain rutin membuang sampah, kamu bisa meletakkan sekitar lima sampai tujuh buah arang di dalam tempat sampah. Arang dapat menyerap bau dengan cukup cepat sehingga menghilangkan bau tak sedap di dapur. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/23/151600276/5-cara-menghilangkan-bau-tak-sedap-di-dapur-dalam-sekejap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke