Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Minyak Esensial yang Berbahaya untuk Anjing

JAKARTA, KOMPAS.com- Minyak esensial yang terbuat dari lavender hingga peppermint kian populer digunakan sebagai aromaterapi alami pilihan untuk pengobatan tradisional hingga pengharum ruangan.

Terlebih, minyak esensial diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menyeimbangkan hormon, meredakan kecemasan, hingga mengobati masalah kulit pada manusia. Meski begitu, hal ini belum tentu efektif untuk anjing peliharaanmu. 

Sebaliknya, dalam beberapa kasus, beberapa jenis minyak esensial bisa berbahaya untuk anjing. Melansir dari The Spruce Pets pada Sabtu (11/9/2021) berikut ini bahaya 

Terbuat dari zat tanaman yang sangat terkonsentrasi, minyak esensial telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan dan kebugaran bagi manusia. Tentu saja, wajar jika kamu ingin berbagi manfaat ini dengan hewan peliharaanmu.

Beberapa dokter hewan holistik memasukkan minyak esensial ke dalam perawatan anjing. Namun, penggunaan minyak esensial untuk mengobati penyakit pada hewan harus dilakukan dengan hati-hati.

Pemilik hewan peliharaan harus menyadari bahwa belum ada banyak penelitian untuk menentukan apakah minyak tersebut ampuh dan efektif untuk perawatan kesehatan anjingmu?

Bila digunakan secara tidak tepat, minyak esensial dapat menyebabkan perubahan perilaku yang tidak diinginkan, masalah sistem saraf pusat, masalah pernapasan, dan masalah kesehatan serius lainnya.

Namun, bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan minyak esensial di rumah. Pastikan untuk memilih minyak essential yang aman dengan bahan-bahan alami dan tidak beracun untuk anjing.

Beberapa minyak esensial dapat menjadi racun bagi anjing, baik dikonsumsi secara oral atau kontak dengan kulit. Berikut ini daftar minyak esensial yang berbahaya untuk anjing.

Melaleuca / Tea Tree Oil

Meskipun tingkat keencerannya dalam sampo dianggap aman, konsentrasi minyak esensial tea tree yang tinggi dapat menyebabkan toksisitas yang signifikan pada anjing.

Apakah diserap melalui kulit atau tertelan, minyak pohon teh pekat dapat menyebabkan iritasi di tempat kontak (kulit, selaput lendir), muntah, depresi, gaya berjalan mabuk (ataksia), kelumpuhan, suhu tubuh rendah (hipotermia).

Wintergreen

Wintergreen juga dikenal sebagai Eastern Teaberry, merupakan minyak esensial yang mengandung metil salisilat, yakni bahan aktif dalam aspirin.

Minyak esensial ini telah digunakan sebagai pereda nyeri yang efektif dan sebagai aditif rasa alami pada permen dan permen karet.

Anjing yang terpapar minyak wintergreen akan mengalami keracunan aspirin. Efek umum termasuk iritasi GI dan bisul, gagal hari atau ginjal.

Sweet Birch

Berasal dari kulit pohon birch, minyak esensial ini memiliki banyak sifat yang sama dengan wintergreen, termasuk fakta bahwa ia mengandung metil salisilat. Toksisitas pada anjing mirip dengan toksisitas aspirin.

Pine Oil atau Minyak Pinus

minyak esensial ini telah digunakan untuk membersihkan, mendesinfeksi, dan menghilangkan bau secara alami.

Minyak pinus juga telah digunakan secara terapeutik pada manusia untuk mengurangi pembengkakan dan membantu sirkulasi. Ketika digunakan secara oral atau topikal pada anjing, minyak pinus dapat menyebabkan iritasi pada kulit, selaput lendir, dan saluran pencernaan.

Setelah diserap, dapat menyebabkan masalah pada sistem saraf pusat, hati, dan ginjal. Tanda-tanda toksisitas termasuk muntah, air liur berlebihan, ataksia, kelemahan, lesu, dan disorientasi.

Pennyroyal

Karena minyak esensial ini secara historis telah digunakan sebagai pengusir serangga, kamu dapat mencoba menggunakannya sebagai pencegahan parasit alami.

Sayangnya, apakah diserap melalui kulit atau tertelan, pennyroyal dapat menyebabkan masalah pada hati anjing.

Tanda-tanda termasuk kelesuan, muntah dan diare. Jika tidak diobati, toksisitas pennyroyal dapat menyebabkan kematian.

Cinnamon atau Kayu Manis

Minyak esensial kayu manis umumnya digunakan dalam berbagai produk seperti lilin aroma terapi, pengharum ruangan, makanan, dan minum.

Kayu manis dalam bentuk apapun bisa menjadi racun bagi anjing, terutama minyak esensial. ketika anjing menelan atau bersentuhan dengan minyak esensial ini maka dapat mengakibatkan gula darah rendah, muntah, diare, penyakit hati, dan perubahan detak jantung.

Meskipun menghirup minyak esensial jenis apa pun berbahaya, kayu manis dalam segala bentuk sangat mengiritasi paru-paru, menyebabkan masalah batuk dan pernapasan pada anjing peliharaanmu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/11/193000476/7-minyak-esensial-yang-berbahaya-untuk-anjing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke