Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui, 5 Hal yang Bisa Jadi Berbahaya di Dalam dan Sekitar Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah merupakan sebuah tempat berlindung dan membuat seseorang merasa aman saat berada di dalamnya.

Namun, sebuah rumah bisa jadi tempat yang justru membahayakan penghuninya, jika tidak diatur dengan benar.

Ada bahaya keamanan di dalam dan di sekitar rumah yang mungkin tidak kamu sadari, sehingga harus segera diantisipasi.

Dilansir dari Beauty Harmony Life, Rabu (8/9/2021), berikut ini 5 hal yang bisa jadi berbahaya di dalam dan sekitar rumah tanpa disadari.

1. Televisi

Ya, televisi atau TV yang kamu miliki di rumah secara mengejutkan dapat menimbulkan risiko yang membahayakan, terlebih untuk TV layar datar yang begitu ringan. TV dapat terbalik jika diletakkan di atas perabot, seperti konsol media atau meja maupun rak TV.

Anak-anak mungkin menderita cedera saat TV terjatuh. Jadi, ini merupakan salah satu bahaya tersembunyi di dalam rumah.

Saat memiliki anak kecil yang sedang begitu aktif, sebaiknya TV milikmu dipasang di dinding menggunakan braket untuk menghindari insiden TV jatuh.

Jika masih menggunakan TV model lama, maka kamu perlu memastikan bahwa tidak ada benda yang diletakkan di atas TV, seperti segelas air, mainan, atau remote control, dan sebagainya.

Anak-anak yang ingin tahu mungkin mencoba menjangkau benda-benda di atas TV, sehingga mereka berisiko mendapatkan bahaya.

2. Kekacauan

Kekacauan meliputi kertas, kotak, pakaian, dan mainan yang berserakan di lantai yang terlihat berantakan.

Meski barang-barang ini mungkin terlihat tidak membahayakan, mereka sebenarnya berbahaya, terutama bagi anggota keluarga dengan masalah penglihatan dan mobilitas.

Orang tua mungkin menginjak mainan yang berserakan, lalu terpeleset atau jatuh ke lantai, menyebabkan mereka cedera.

Itu sebabnya kamu harus memastikan bahwa rumahmu bebas dari kekacauan sebanyak mungkin.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menghilangkan kekacauan di dalam dan di sekitar rumahmu demi keselamatan semua penghuninya. 

• Tetapkan aturan agar rumah bersih saat kamu pergi untuk anak-anak dan anggota keluarga lainnya.

• Singkirkan kekacauan saat kamu melihatnya setiap saat.

• Tempatkan kotak penyimpanan untuk mainan, majalah, pakaian, dan potensi kekacauan lainnya di sudut atau area yang sesuai di rumahmu.

3. Perabotan

Perabotan atau furnitur juga bisa menjadi bahaya. Jika kamu menempatkannya di area yang salah, mereka dapat menyebabkan kecelakaan, seperti terpeleset dan jatuh.

Salah satu cara terbaik untuk melindungi anakmu adalah dengan mengamankan rak buku, perabot, dan bahkan peralatan dengan tali. Selain itu, meja dan perabot lainnya memiliki ujung yang tajam. Jadi, berikan pelindung di setiap tepi perabotan yang tajam untuk melindungi anakmu yang baru mulai berjalan dan menjelajah.

Dengan cara ini, wajah bayimu terlindungi dari benturan yang melibatkan tepi furnitur yang tajam.

4. Taplak meja

Taplak meja membuat rumah semakin asri, sekaligus menyambut hangat tamu dan pengunjung.

Namun, jika kamu memiliki anak kecil dan hewan peliharaan, sebaiknya hindari meletakkan taplak meja panjang di meja makan atau meja tamu.

Anak-anak dan hewan peliharaan dapat menarik taplak meja secara tidak sengaja, menyebabkan benda-benda di atasnya, seperti vas bunga jatuh.

Selain itu, keluarga yang menggunakan alat bantu bergerak, seperti kursi roda, dapat terjepit di ujung taplak meja dan menyebabkan kecelakaan serupa.

5. Makanan

Pangan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Namun, makanan juga dapat menimbulkan masalah keamanan, terutama jika melampaui tanggal kedaluwarsa atau rusak.

Keracunan makanan dapat terjadi akibat penanganan atau persiapan yang buruk, di mana bakteri, virus, dan mikroorganisme lainnya berkembang biak dengan cepat, menyebabkan masalah pencernaan.

Tanda dan gejala keracunan makanan mungkin termasuk diare, gelisah, muntah, dehidrasi, dan kehilangan kesadaran.

Jika merasa keracunan makanan, kamu harus segera menghubungi layanan darurat untuk perawatan medis segera.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/08/125800876/ketahui-5-hal-yang-bisa-jadi-berbahaya-di-dalam-dan-sekitar-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke