Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Ras Anjing Pemberani, Cocok Jadi Penjaga di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan paling populer di dunia. Anjing dikenal sebagai hewan yang setia kepada pemiliknya, serta sahabat yang baik bagi keluarga.

Ketika memutuskan untuk memelihara anjing, perlu disadari setiap ras anjing memiliki kepribadian yang berbeda. Namun, jika Anda mencari anjing pemberani dan dapat melindungi Anda dan keluarga dari bahaya, ada beberapa ras yang harus diperhatikan.

Berikut beberapa ras anjing paling berani, menurut American Kennel Club.

1. German Shepherd

Dikutip dari The Scotsman, Jumat (3/9/2021), anjing ras German Shepherd atau Gembala Jerman dikenal sebagai anjing yang pemberani. Anjing ini pun sejak lama dijadikan anjing pelacak.

Anjing German Shepherd disebut sebagai anjing paling berani dari semua ras anjing.

Sebagai hewan peliharaan keluarga, mereka dengan senang hati akan mempertaruhkan nyawanya untuk membuat Anda tetap aman.

2. Dobermann

Dobermann, juga dikenal sebagai Doberman Pinscher, memiliki gabungan kepribadian kuat, cerdas, dan berani. Dengan demikian, anjing ini dikatakan sebagai salah satu anjing terbaik untuk perlindungan.

Anjing Dobermann juga sangat sensitif terhadap suara dan secara alami curiga terhadap orang asing. Oleh sebab itu, anjing ini dapat menjadi anjing penjaga yang andal.

3. Rottweiler

Anjing Rottweiler tidak terlalu agresif dalam keadaan normal dan dapat membuat hewan peliharaan keluarga yang penuh kasih dan lembut.

Namun demikian, anjing ini sangat protektif dan tidak takut apa pun, menjadikan mereka sebagai anjing penjaga rumah yang hebat.

4. Belgian Malinois

Ras anjing ini juga lazim dijadikan sebagai anjing pelacak polisi dan militer. Anjing Belgian Malinois adalah salah satu ras Eropa tertua dan tidak memiliki rasa takut.

5. Pit Bull

Melansir Doggie Fetch, anjing Pit Bull memiliki tubuh yang besar, namun masih suka dipangku. Anjing ini ramah dan sangat jeli, yang membuat mereka menjadi anjing penjaga yang hebat.

Pit Bully biasanya menggonggong karena kegembiraan, sebab mereka ingin mendapatkan teman baru.

6. Akita

Anjing yang berani, berkemauan keras, cerdas dan setia, semua sifat ini membuat Akita anjing penjaga yang baik dan anjing keluarga yang hebat.

Anjing-anjing ini tidak menggonggong sebanyak beberapa ras lain, tetapi akan membuat suara yang cukup ketika situasinya memungkinkan.

7. Chow Chow

Ras anjing Chow Chow dikenal memiliki kepribadian seperti kucing. Mereka menyukai keluarga pemiliknya, tetapi cenderung mengabaikan orang asing, bertindak menyendiri.

Anjing ini juga sibuk pada diri sendiri, kecuali merasa bahwa seseorang mengancam keluarga mereka. Itulah sebabnya mereka menjadi anjing penjaga yang sangat baik.

8. Rhodesian Ridgeback

Rhodesian Ridgeback terlahir sebagai pemburu dan membutuhkan banyak latihan dan ruang untuk berlarian.

Pastikan halaman Anda aman karena jenis anjing pelindung ini akan mengejar kucing, kelinci, dan hewan kecil lainnya.

9. Giant Schnauzer

Giant Schnauzer adalah anjing pendamping dan penjaga yang ideal. Anjing ini mencintai keluarga pemiliknya, tegas dan berani menghadapi hal-hal yang tidak diketahui.

Anjing ini melindungi wilayah mereka dan tidak mempercayai orang asing, tetapi tahu cara bersantai dan bersenang-senang saat berada di sekitar keluarga. Mereka cukup pintar yang membuatnya sedikit sulit untuk dilatih.

10. Boxer

Boxer adalah anjing yang menyenangkan, suka membuat Anda tertawa, namun juga memiliki sisi serius. Ras anjing pelindung ini jeli, selalu memperhatikan, dan percaya diri, tetapi waspada terhadap orang asing.

Anjing Boxer akrab dengan anak-anak karena mereka sabar dan suka bermain dan sopan kepada orang asing, kecuali mereka merasakan ancaman. Boxer setia kepada pemiliknya dan akan membela apa pun yang terjadi.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/03/083800176/10-ras-anjing-pemberani-cocok-jadi-penjaga-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke