Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kelebihan dan Kekurangan Tirai Vertical Blind sebagai Pengganti Gorden

JAKARTA, KOMPAS.com- Tirai verrtical blind disukai karena desainnya yang minimalis dengan bentuk beragam.

Kamu bisa menyesuaikan bahan vertical blind dengan suasana rumah, beberapa yang populer adalah vertical blind berbahan plastik, kain linen dan kayu.

Vertical blind memiliki beragam cara pengoperasian, yang sering ditemui ialah menggunakan tali yang bisa kamu tarik untuk membuka dan menutup vertical blind.

Namun saat ini sudah banyak jenis vertical blind yang menggunakan remote sehingga kamu tidak perlu mendekat ke jendela saat akan menutupnya.

Mengutip dari berbagai sumber, Berikut kelebihan dan kekurangan penggunaan vertical blind sebagai pengganti gorden.

Kelebihan tirai vertical blind

1. Mudah dibersihkan

Karena bentuknya yang vertikal, ini membuat debu sulit menempel pada pembukaan vertical blind.

Selain itu pada umumnya vertical blind berbahan padat seperti aluminium, plastik dan kayu, karena ini kamu dapat dengan mudah membersihkannya.

Pembersihan dapat dilakukan dengan mengelap permukaan vertical blind dengan kain micro fiber atau kain yang sudah dibasahi.

2. Praktis dan mudah digunakan

Penggunaan vertical blind sangat mudah dan efisien karena ia dilengkapi oleh tali untuk membuka dan menutup. Jika kamu mempunyai vertical blind dengan remote control tentu akan lebih mudah dalam mengoperasikannya. 

3. Dapat menutupi jendela dengan sempurna

Jika kamu ingin menggunakan vertical blind pada rumah sebaiknya ukur jendela terlebih dahulu sehingga bisa mengira-ngira panjang vertical blind yang dibutuhkan.

Karena berbentuk padat, vertical blind juga dapat memberikan perlindungan pada ruangan dari sinar uv yang melewati jendela

4. Desain yang minimalis

Vertical blind memiliki desain yang minimalis dan membuat ruangan terkesan rapi. Karena desain yang minimalis vertical blind sering kali digunakan pada rumah dan perkantoran.

Kekurangan tirai vertical blind

1. Harga yang mahal

Dibandingkan dengan penutup jendela lainnya, harga vertical blind masih tergolong mahal. Harga yang diberikan akan sesuai dengan desain dan bahan yang kamu pilih.

2. Sulit untuk diganti

Tidak seperti gorden yang mudah untuk dilepas dan diganti dengan motif gorden lainnya, akan sulit melakukan ini saat kamu menggunakan vertical blind sebagai penutup jendela.

Karena itu seringkali vertical blind memiliki desain dan warna yang minimalis sehingga dapat dikombinasikan dengan warna cat dan suasana rumah.

3. Suara mengganggu

Saat tirai dibuka, partikel besi akan bertabrakan dan berayun sehingga menimbulkan bunyi yang mengganggu. Ini juga terjadi saat vertical blind terkena angin dari kipas dan jendela yang terbuka.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/02/183000776/kelebihan-dan-kekurangan-tirai-vertical-blind-sebagai-pengganti-gorden

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke