Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah, Cara Membuat Disinfektan untuk Karpet

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini ada banyak produk disinfektan yang dijual di pasaran. Akan tetapi, banyak di antara produk tersebut tidak bisa digunakan untuk mendisinfeksi karpet.

Karena karpet dapat menjadi sarang kuman dan bakteri, maka penting untuk mengetahui cara mendisinfeksinya. Anda harus selalu mendisinfeksi karpet setelah terkena noda yang ditimbulkan hewan peliharaan, kontak dengan cairan tubuh, atau tumpahan makanan dan minuman.

Nah, Anda dapat membuat disinfektan khusus untuk karpet dengan bahan-bahan yang sudah ada di rumah. Dilansir dari Hunker, Selasa (31/8/2021), berikut caranya.

Cara membuat disinfektan karpet

1. Taburkan garam dan baking soda

Taburkan sedikit area karpet dengan baking soda dan garam. Tidak perlu menutupi seluruh area karpet, sebab sedikit saja baking soda dan garam akan bekerja.


2.. Semprotkan campuran sabun cuci piring dan air

Campurkan air hangat dan beberapa tetes cairan sabun cuci piring untuk membuat campuran. Jika Anda tidak memiliki botol semprot, cukup tambahkan sedikit campuran sabun ke area yang perlu didesinfeksi dan biarkan hingga lima menit.

3. Gosok permukaan karpet

Gosok area karpet yang akan didesinfeksi dengan sikat, bergerak satu arah. Buang semua kotoran yang ada. 

4. Serap kelembapan

Gunakan handuk atau kain lap untuk menyerap kelembapan yang tertinggal dengan menekan handuk ke area tersebut. Pastikan untuk menekan tanpa menggosok.

Lanjutkan langkah ini sampai area karpet hanya sedikit lembab.

5. Basahi dengan air

Semprot area tersebut dengan air, tidak perlu banyak, namun cukup untuk membasahi karpet. Langkah ini digunakan untuk membilas sabun, soda kue, dan garam yang mungkin tertinggal.

6. Keringkan dengan handuk.

Gunakan handuk kering dan ulangi langkah keempat untuk menyerap kelembapan yang tertinggal. Biarkan area tersebut benar-benar kering sebelum membiarkan lalu lintas di karpet lagi.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/31/080200776/mudah-cara-membuat-disinfektan-untuk-karpet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke