Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Psikolog: Hindari Warna Cat Dinding Ini untuk Ruang Tamu

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak sekali pilihan warna untuk cat dinding interior rumah Anda. Namun, para desainer interior tidak berhenti berdiskusi tentang warna yang cocok untuk setiap ruangan di rumah.

Dilansir dari Homes & Gardens, Rabu (25/8/2021), secara alami, perdebatan tentang warna cat yang sempurna berubah seiring musim, dan warna yang sedang tren, tetapi menurut psikolog warna, beberapa warna harus dihindari, khususnya untuk ruang tamu.

Sebagai ruang paling ramah di rumah, ruang tamu mungkin menjadi tempat pertama yang jadi pilihan untuk bereksperimen dengan tren warna cat dinding terbaru.

Namun, psikolog dan konsultan kesehatan mental Lee Chambers memperingatkan agar tidak membawa salah satu warna ke dalam ruang tamu Anda. Warna apa yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

Warna merah memang mudah untuk disukai banyak orang. Namun, Chambers menyatakan bahwa warna merah mungkin membuat Anda merasa lebih gelisah dan kurang nyaman.

'Sementara merah sebagai warna meningkatkan energi dan interaksi sosial, berada dalam (ruangan dengan) warna yang intens untuk jangka waktu yang lama dapat membuat kita mudah tersinggung, lebih agresif, kurang rileks, dan bahkan meningkatkan detak jantung Anda," katanya.

Senada dengan Chambers, psikolog warna dari EZ Living Helen O'Keeffee menuturkan, warna merah tua diasosiasikan dengan gairah dan energi. Adapun warna biru dianggap menenangkan dan tenteram.


Oleh karena itu, ia menyarankan untuk membawa nada intens ini ke ruang kerja di rumah atau ruang kreatif lainnya, di mana warna biru dapat meningkatkan energi ruangan dan mendorong produktivitas.

Warna yang disarankan untuk digunakan pada dinding ruang tamu

Martin Waller, Pendiri merek desain Andrew Martin, merekomendasikan untuk mencari warna yang lebih tenang yang akan membuat ruangan terasa lebih terapeutik.

Dalam penelitiannya tentang ide cat untuk setiap ruangan, Waller mengatakan, dirinya memahami daya tarik warna berani yang menambah kegembiraan dan kesenangan, tetapi ia merekomendasikan untuk memilih cat putih klasik yang akan menciptakan ruang yang menarik dan akan menonjolkan elemen lain di ruangan.

"Ada perlindungan yang dapat ditemukan dalam skema putih bersih. Jangan remehkan juga ketiadaan warna," ungkapnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/25/084000976/psikolog--hindari-warna-cat-dinding-ini-untuk-ruang-tamu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke