Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Manfaat Lain Aluminium Foil Selain untuk Membungkus Makanan

JAKARTA, KOMPAS.com - Aluminium foil gulungan lazim digunakan untuk membungkus makanan atau melapisi peranti makan untuk menghantarkan panas. Namun, aluminium foil juga memiliki sederet manfaat lainnya.

Ya, Anda bisa menggunakan aluminium foil untuk membersihkan berbagai benda di rumah. Selain itu, aluminium foil juga bahkan dapat digunakan pada saat Anda menyetrika pakaian.

Dikutip dari Reader's Digest Canada, Sabtu (21/8/2021), berikut beberapa manfaat aluminium foil selain untuk membungkus makanan.

1. Menajamkan gunting tumpul

Gunting yang tumpul tentu tidak dapat memotong kertas atau kain dengan baik. Anda bisa menggunakan aluminium foil untuk mengasah gunting tumpul.

Caranya, ratakan lembaran aluminium foil, lalu lipat menjadi beberapa lapisan dan mulailah memotong dengan gunting. Beberapa kali Anda melakukan ini, gunting akan tajam kembali.

2. Memudahkan saat menyetrika pakaian

Saat Anda menyetrika pakaian, Anda perlumelakukan beberapa gerakan dengan setrika untuk menghilangkan kerutan. Untuk mempercepat, letakkan selembar aluminium foil di bawah penutup papan setrika.

Aluminium foil ini akan memantulkan panas kembali melalui pakaian, menghaluskan kerutan lebih cepat.

3. Mengusir serangga

Aluminium foil juga dapat digunakan untuk melindungi tanaman dari hama. Untuk menjauhkan serangga lapar dari mentimun dan sayuran lainnya, campurkan potongan aluminium foil dengan mulsa.


Sebagai manfaat tambahan, aluminium foil akan memantulkan cahaya matahari kembali ke tanaman Anda.

4. Membersihkan noda cat pada gagang pintu

Saat Anda mengecat pintu, aluminium foil sangat bagus untuk membungkus gagang pintu agar cat tidak menetes. Lapisi gagang pintu secara merata Dengan aluminium foil.

Dengan begitu Anda bisa mengecat sampai ke tepi gagang pintu.

5. Memoles peralatan perak

Apakah peralatan perak Anda terlihat agak kusam? Cobalah pertukaran ion, reaksi molekuler di mana aluminium foil bertindak sebagai katalis.

Yang harus Anda lakukan adalah melapisi panci atau peralatan perak lainnya dengan selembar aluminium foil, mengisinya dengan air dingin, dan menambahkan dua sendok teh garam.

Masukkan peralatan perak Anda yang kusam atau ternoda ke dalam larutan. Diamkan selama dua hingga tiga menit, lalu bilas dan keringkan.

Untuk menjaga agar peralatan perak tidak bernoda, simpan peralatan perak yang baru dibersihkan di atas selembar aluminium foil.

Untuk penyimpanan dalam jangka panjang, pertama-tama tutup rapat setiap bagian dalam bungkus plastik, pastikan kedap udara. Lalu bungkus dengan aluminum foil dan tutup ujungnya.

6. Melapisi sabut baja

Sabut baja yang biasa digunakan untuk menggosok bagian bawah panci seringkali berkarat. Untuk mencegah karat, bungkus sabut dengan aluminium foil dan masukkan ke dalam freezer.

Anda juga dapat memperpanjang umur sabut baja dengan meremas selembar aluminium foil dan meletakkannya di bawah sabut di piring atau wadahnya. Jangan lupa untuk secara berkala mengalirkan air yang terkumpul di bagian bawah.

7. Menggosok bagian bawah panci

Tidak punya sabut baja? Remas segenggam aluminium foil dan gunakan untuk menggosok bagian bawah panci.

8. Menjaga kebersihan oven

Jauhkan tetesan makanan dari bagian bawah oven dengan meletakkan satu atau dua lembar aluminium foil di atas rak di bawah. Jangan melapisi bagian bawah oven, karena bisa menyebabkan kebakaran.

9. Sembunyikan noda usang di cermin

Anda dapat dengan mudah menyamarkan noda usang kecil pada permukaan reflektif cermin dengan meletakkan selembar aluminium foil, sisi mengkilap menghadap ke luar, di bagian belakang kaca.

Untuk menahan aluminium foil di tempatnya, tempelkan ke bagian belakang cermin atau ke bingkai dengan selotip. Jangan menempelkannya ke cermin itu sendiri.

10. Membersihkan perhiasan

Untuk membersihkan perhiasan, cukup lapisi mangkuk kecil dengan aluminium foil. Isi mangkuk dengan air panas dan campur dalam satu sendok makan deterjen bubuk bebas pemutih.

Masukkan perhiasan ke dalam larutan dan biarkan meresap selama satu menit. Bilas dengan baik dan keringkan dengan udara.

Prosedur ini menggunakan proses kimia yang dikenal sebagai pertukaran ion, yang juga dapat digunakan untuk membersihkan peralatan perak.

11. Memindahkan furnitur dengan mudah

Untuk menggeser furnitur besar di atas lantai yang halus, letakkan potongan kecil aluminium foil di bawah kaki furnitur. Letakkan sisi foil yang kusam ke bawah, sebab sisi yang kusam sebenarnya lebih licin daripada sisi yang mengkilat.


12. Membersihkan setrika

Apakah kerak menumpuk di setrika dan menyebabkannya menempel pada pakaian? Untuk menghilangkannya, jalankan setrika panas di atas selembar aluminium foil.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/21/081300376/12-manfaat-lain-aluminium-foil-selain-untuk-membungkus-makanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke