Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Menghilangkan Jamur yang Bersembunyi pada Mesin Cuci

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring pemakaian, uap air dalam mesin cuci dapat terperangkap di tempat-tempat yang sulit dijangkau dan dengan mudah menjadi tempat berkembang biaknya jamur.

Segel, gasket, dan dispenser detergen hanyalah beberapa area yang mungkin luput dari pemeriksa saat membersihkan mesin mesin cuci. Padahal, area ini adalah tempat favorit jamur. 

Bahkan, jika kamu tidak dapat melihatnya, jamur dapat dengan mudah menempel pada pakaian, yang menyebabkan masalah pernapasan seperti bersin, batuk, dan mengi.

Bagi mereka yang lebih rentan, seperti anak-anak, orang tua, atau orang dengan masalah pernapasan yang sudah ada sebelumnya, konsekuensinya bisa lebih parah.

Agar anggota keluarga lebih sehat dan pakaian tetap bersih, cobalah empat cara mengatasi jamur pada mesin cuci dilansir dari Bob Vila, Minggu (8/8/2021).

Bersihkan alat secara teratur dan keringkan mesin cuci

Metode ini mungkin salah satu yang pernah kamu coba, tetapi kunci untuk membersihkan mesin cuci adalah dengan menggosok semua area tersembunyi yang biasanya tidak terpikirkan untuk dibersihkan.

Lepaskan dispenser sabun, pemutih, dan pelembut agar kamu dapat membersihkannya satu per satu, dan agar kamu dapat membersihkan area yang sesuai.

Bersihkan bagian dalam drum menggunakan lap atau sikat dan semprotan pembersih antimikroba, perhatikan baik-baik gasket karet pada mesin cuci bukaan depan dan bibir pintu pada mesin cuci bukaan atas. 

Setelah selesai menggosok bagian depan dan dalam mesin cuci, periksa selang di bagian belakang untuk memastikan tidak ada jamur yang menumpuk pada konektor selang.

Setelah dibersihkan, keringkan setiap bagian dengan hati-hati, dan terapkan kebiasaan untuk memastikan bahwa setiap bagian diberi waktu yang cukup untuk mengering di udara setelah setiap pencucian.

Handuk atau lap dapat membantu mengeringkan bagian-bagian yang dapat dijangkaunya, tetapi untuk hasil terbaik, biarkan mesin cuci terbuka ke udara, berhati-hatilah dengan area yang memiliki sedikit aliran udara.

Jika mesin cuci mengering dengan baik setelah setiap siklus pencucian, jamur tidak akan memiliki lingkungan yang memadai untuk tumbuh. 

Mesin cuci bukaan depan mendapatkan banyak tekanan yang buruk untuk masalah cetakan yang secara konsisten terjadi di bagian dalam segel karet di pintu mesin cuci, tetapi mesin cuci bukaan atas memiliki masalah sendiri.

Pintu pada model top-load atau bukaan atas, sering memiliki bibir logam yang sering diabaikan saat dibersihkan.

Bibir di bagian bawah baskom juga merupakan area yang terlewatkan saat mesin cuci sedang dibersihkan. 

Gasket pada mesin front-load atau bukaan depan menyegel air selama siklus pencucian, tetapi kecuali jika dicuci dan dikeringkan dengan benar, ia menahan kelembapan itu lebih lama daripada area lain di mesin.

Desain ini menciptakan tempat yang ideal bagi jamur untuk tumbuh, jadi pengeringan udara secara menyeluruh sangat penting.

Menghilangkan bau yang tidak sedap

Jika jamur telah menjadi masalah atau mesin memiliki tumpukan rambut, sabun, dan kotoran, hal itu bisa menimbulkan bau tidak sedap.

Untuk menghilangkan bau dan mensanitasi mesin, mulailah membersihkan mesin dengan hati-hati sehingga kotoran yang tersisa di celah-celah yang sulit diakses itu dihilangkan sebelum mensanitasi mesin.

Ini adalah langkah penting, karena mesin akan terus mengeluarkan bau jika sumbernya tidak disingkirkan terlebih dahulu.

Selanjutnya, kamu harus mengatur mesin cuci ke pengaturan suhu tertinggi dan menambahkan pemutih langsung ke drum, empat cangkir untuk mesin cuci bukaan depan atau dua cangkir untuk mesin cuci bukaan atas. 

Mulai siklus dan biarkan bak terisi, biarkan agitator mencampur pemutih ke dalam air. Pada titik ini, hentikan siklus dan biarkan larutan pemutih di dalam mesin cuci selama setengah jam sebelum melanjutkan siklus.

Setelah siklus ini berakhir, jalankan mesin melalui siklus pembilasan untuk menghilangkan semua sisa pemutih, lalu ulangi langkah-langkah ini dengan menggunakan empat cangkir cuka putih sebagai pengganti pemutih.

Ini akan menghilangkan semua bau yang tidak diinginkan dan membunuh bakteri atau jamur yang tersembunyi.

Beli mesin cuci baru dengan fitur pertahanan mikroba

Jika kamu memiliki mesin yang tampaknya menumbuhkan jamur, agak sedikit merepotkan memang untuk membersihkan dan menjaganya tetap kering.

Jika hal ini memberatkan, ada baiknya kamu memikirkan untuk membeli mesin cuci baru yang dilengkapi dengan fitur pertahanan mikroba.

Proses ini menghasilkan permukaan di dalam mesin yang menembus dinding sel mikroorganisme yang bersentuhan dengannya, mencegah mikroorganisme berfungsi atau berkembang biak. 

Meskipun kamu masih perlu membersihkan mesin secara teratur, mesin ini menawarkan perlindungan tambahan terhadap bakteri, ragi, jamur, dan jamur.

Jika dikombinasikan dengan teknik pembersihan dan pengeringan yang tepat, perlindungan ini akan membuat cucian tetap harum dan bebas dari mikroorganisme berbahaya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/08/083000776/4-tips-menghilangkan-jamur-yang-bersembunyi-pada-mesin-cuci

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke