Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Ini Cara Membuat Pembersih Debu Alami Sendiri di Rumah

Sebab, keberadaan debu di rumah bisa menyebabkan masalah pernapasan yang mengganggu aktivitas sehari-hari, terlebih orang yang memiliki alergi debu. 

Untuk menghilangkannya, pembersih komersial bisa menjadi pilihan yang mudah dan simpel, tetapi sering kali produk tersebut mengandung bahan kimia yang keras.

Melansir dari Home Guides Sfgate, Selasa (27/7/2021), Anda dapat membuat semprotan dan pembersih debu sendiri. Pembersih yang mudah dan murah ini akan menghilangkan debu, mengilapkan kaca, bahkan sebagai disinfektan.

Nah, berikut ini beberapa cara membuat pembersih debu alami sendiri di rumah. 

Minyak lemon dan minyak mineral 

Untuk membuat pembersih debu alami sendiri, Anda memerlukan dua sendok makan minyak lemon dan dua cangkir minyak mineral.

Campurkan kedua bahan dalam botol semprot dan semprotkan campuran ke lap debu bersih yang akan digunakan untuk menghilangkan debu pada permukaan furnitur. 

Cuka putih dan minyak zaitun 

Alternatif lainnya untuk membuat semprotan pembersih debu adalah menggunakan satu cangkir cuka putih, setengah sendok teh minyak zaitun, dan tiga gelas air.

Campurkan ketiga bahan ke dalam botol semprot kosong dan aduk rata. Kemudian, semprotkan campuran ke kain dan Anda siap membersihkan perabotan dan furnitur. 

Cuka dan air 

Sementara itu, untuk membersihkan jendela berdebu yang ramah lingkungan, Anda dapat menggunakan campuran dua sendok teh cuka putih dan satu liter air.

Letakkan campuran dalam botol semprot dan semprotkan pembersih pada kaca, lalu seka dengan lap bersih yang tidak berbulu atau koran kusut.

Hal yang perlu diperhatikan adalah selalu ikuti petunjuk dengan tepat. Hindari menambahkan cuka karena terlalu banyak dapat menggores kaca sehingga membuatnya tampak keruh seiring waktu. 

Boraks dan air hangat 

Untuk membersihkan dan mendisinfektan tutup tangki kloset, Anda memerlukan setengah cangkir boraks dan tiga liter air hangat.

Cukup gabungkan bahan secara menyeluruh dalam botol semprot dan semprotkan cairan ke lap atau kain bersih. Campuran ini dapat menghilangkan bau dan mendisinfeksi seperti pemutih, tetapi aman digunakan pada permukaan apa pun.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/27/123000276/simak-ini-cara-membuat-pembersih-debu-alami-sendiri-di-rumah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke