Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghilangkan Bau Asap Rokok yang Menempel pada Pakaian

JAKARTA, KOMPAS.com - Bau asap rokok tidak pernah menyenangkan dan bisa menempel pada pakaian. Jika bau asap rokok menempel pada pakaian, Anda harus sesegera mungkin mencuci pakaian untuk mendapatkan kembali kesegaran yang diinginkan.

Ada beberapa metode yang dapat Anda coba di rumah dengan bahan pembersih biasa, meskipun kesabaran adalah bagian penting, karena bau asap rokok dapat hilang secara perlahan.

Dilansir dari The Spruce, Senin (26/7/2021), berikut cara menghilangkan bau asap rokok yang menempel pada pakaian.

Sebelum mulai

Jika pada label pakaian Anda tertera keterangan "dry clean," maka ada baiknya membawa pakaian ke binatu untuk dicuci secara benar oleh para profesional.

Namun, jika pakaian dapat dicuci dengan tangan atau mesin cuci biasa, maka tambahkan langkah merendam pakaian dengan baking soda sebelum dicuci dan bilas dengan cuka.

Cara menghilangkan bau rokok yang menempel pada pakaian

Jika pakaian dan linen Anda bau rokok karena karena terpapar hanya dalam waktu singkat, seperti kunjungan akhir pekan, metode ini bekerja dengan sangat baik.

Paparan yang lebih lama akan membutuhkan perawatan berulang.

1. Gantung pakaian di ruang terbuka

Gantung pakaian yang terpapar asap rokok di udara terbuka. Jika Anda tidak bisa menggantung pakaiandi luar, gantung pakaian di ruangan yang dipenuhi banyak tanaman berdaun hijau untuk membantu menyerap bau.


Gunakan kipas angin untuk menciptakan gerakan udara. Lamanya waktu yang Anda butuhkan untuk menggantung dan menganginkan pakaian tergantung pada seberapa jenuh pakaian tersebut dengan asap dan seberapa sensitif Anda terhadap baunya.

2. Rendam dalam air dan larutan baking soda

Untuk menghilangkan bau asap rokok, rendam pakaian yang bisa dicuci di ember atau mesin cuci yang berisi air hangat dan satu cangkir baking soda sebelum dicuci. Semalam biasanya cukup.

3. Cuci dengan mesin cuci

Setelah direndam, cuci sesuai petunjuk label perawatan pakaian menggunakan deterjen  tanpa pewangi. Tambahkan satu cangkir cuka putih suling ke siklus bilas dan hentikan siklusnya.

Biarkan cucian terendam selama satu jam dalam larutan cuka dan air sebelum menyelesaikan siklus pembilasan. Jika pakaian harus dicuci dengan tangan, ikuti rutinitas Anda yang biasa, tetapi tambahkan cuka ke air bilasan.

4. Keringkan pakaian

Jemur pakaian yang baru dicuci di atas tali jemuran atau rak pakaian di bawah sinar matahari. Jika Anda harus mengeringkan pakaian dalam pengering pakaian, gunakan pengaturan suhu rendah karena panas yang terlalu tinggi sebenarnya dapat menyebabkan molekul bau yang tersisa terikat dengan serat.

Sinar ultraviolet dari sinar matahari akan membantu menghilangkan bau tak sedap. Namun, sinar matahari yang cerah dapat menyebabkan warna pakaian memudar, jadi gantung pakaian warna gelap di tempat teduh.

Menjemur pakaian Anda juga akan memberikan kesempatan terakhir bagi pakaian untuk mengeluarkan udara.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/26/124900376/cara-menghilangkan-bau-asap-rokok-yang-menempel-pada-pakaian

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke