Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Ras Kucing Bertubuh Besar, tapi Ramah dan Penyayang

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara umum, kucing dipandang sebagai hewan peliharaan bertubuh kecil. Meskipun ada banyak ras kucing bertubuh kecil, namun tidak sedikit pula ras kucing bertubuh besar.

Kucing-kucing bertubuh besar ini tentu saja tidak seukuran singa, tetapi banyak yang lebih besar dari kucing liar mungil yang sering kita lihat.

Dilansir dari Pure Wow, Sabtu (24/7/2021), ras kucing bertubuh besar mungkin memerlukan lebih banyak perhatian daripada ras kucing kecil, karena mereka membutuhkan lebih banyak ruang untuk beraktivitas. Ini menjadi rumit jika Anda berencana untuk memelihara kucing di dalam ruangan dan Anda tinggal di rumah kecil.

Apapun ukuran kucing yang akan Anda pilih untuk dipelihara, pada dasarnya Anda harus menciptakan kembali aktivitas luar ruangan di dalamnya. Ras kucing yang cenderung suka memanjat pohon akan membutuhkan tiang panjat yang tinggi dengan tempat bertengger setinggi mungkin.

Tiang garukan diperlukan untuk menjaga kuku tetap rapi, mengeluarkan energi dan menandai wilayah. Mainan interaktif akan sangat penting untuk meniru perburuan dan menjaga otak kucing tetap tajam.

Dalam hal perawatan, lebih sedikit lebih banyak. Kucing bisa merawat diri mereka sendiri.

Meskipun menyikat kucing berbulu panjang adalah hal yang tepat untuk memastikan tidak kusut, memandikan kucing tidak diperlukan sesering mungkin kecuali suadah sangat kotor. Perhatikan bahasa tubuh kucing selama proses perawatan dan setiap hari untuk memantau kesehatan dan kebahagiaan mereka.

Masalah sendi cenderung menyerang kucing bertubuh besar ketimbang kucing bertubuh kecil. Jika kucing mengalami kesulitan berjalan atau melompat, mintalah dokter hewan untuk melakukan rontgen.

Gejala seperti ini bisa berarti hip dysplasia atau luxating patella, gangguan tempurung lutut.

Sifat lain yang unik untuk banyak ras kucing besar adalah seberapa lambat mereka mencapai kedewasaan penuh. Jika Anda benar-benar mencari kucing terbesar, pilihlah kucing jantan, karena jantan lebih besar daripada betina baik tinggi maupun beratnya.

Terakhir, pilih jenis yang ideal untuk gaya hidup Anda. Semua orang menginginkan sesuatu yang berbeda dalam hal hewan peliharaan.


Ras kucing bertubuh besar sangat bervariasi dalam hal temperamen, tingkat aktivitas, kepribadian, dan ukuran. Teliti jenisnya sebelum menyambut mereka di rumah.

Berikut ini beberapa ras kucing bertubuh besar yang dapat Anda pilih untuk dipelihara.

1. British Shorthair

Tinggi: 30-35 cm
Berat: 3,5 sampai 6 kilogram (betina) dan 4,5 sampai 8,5 kilogram (jantan)

British Shorthair adalah jenis kucing yang tenang, tidak takut menunjukkan kasih sayang dan sangat suka dipeluk. Mereka menjadi hewan peliharaan yang sangat baik untuk keluarga dengan anak-anak atau manula yang menginginkan pendamping yang santai.

Lebih sering daripada tidak, Anda akan menemukan British Shorthair dalam bulu warna biru-abu-abu, tetapi mereka hadir dalam berbagai warna dan pola.

2. Chausie

Tinggi: 33-43 cm
Berat: 4 sampai 6,5 kilogram (betina) dan 6,5 hingga 9,5 kilogram (jantan)

Pastikan untuk menyediakan banyak sudut dan celah untuk dijelajahi oleh kucing Chausie jika Anda memeliharanya. Kucing pintar ini suka belajar, jadi jangan takut untuk mengajarkan trik atau melatih mereka untuk berpetualang di luar ruangan.

Karena kucing Chausie sangat aktif, mereka mungkin perlu mengonsumsi lebih banyak kalori.

3. Maine Coon

Tinggi: 25-40 cm
Berat: 6 hingga 7,5 kilogram (betina) dan 9 hingga 12,5 kilogram (jantan)

Maine Coon adalah kucing kokoh yang dibiakkan untuk menghadapi musim dingin yang keras di Timur Laut Amerika. Meskipun penampilannya besar, termasuk telinga besar dan ekor panjang, Maine Coon adalah salah satu kucing terbaik untuk anak-anak.

Sifatnya yang ceria, ramah, dan keinginan untuk dilibatkan dalam semua aktivitas membuat mereka menjadi hewan peliharaan yang ramah.

4. Norwegian Forest

Tinggi: 22-30 cm
Berat: 4 sampai 6 kilogram (betina) dan 6 sampai 9 kilogram (jantan)

Asosiasi Pemelihara Kucing AS mengatakan memiliki tiang garuk dan menara panjat untuk kucing ras Norwegian Forest adalah suatu keharusan. Kucing-kucing ini konon dulunya berkeliaran di kapal Viking untuk mengusir tikus.

Namun, saat ini ras kucing tersebut adalah hewan peliharaan yang penuh kasih namun membutuhkan ruang untuk diri sendiri. Ketika mereka sedang dalam mood manja, mereka akan meringkuk, tetapi jangan memaksanya.

Nikmati saja kebersamaan mereka, karena mereka mungkin akan mengikuti Anda ke mana-mana.

5. Pixiebob

Tinggi: 22-33 cm
Berat: 4,5 hingga 5,5 kilogram (betina) dan 5,5 hingga 7 kilogram (jantan)

Kucing Pixiebob tumbuh dengan baik di rumah dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya. Rasa petualangan dan kemauan untuk bergabung dalam kesenangan membuat mereka menjadi teman bermain yang luar biasa.

Dengan ekor bob dan bulu yang tebal, Pixiebob membutuhkan perhatian ekstra dalam hal perawata. Sikat secara teratur agar bulunya tidak kusut.

6. Ragamuffin

Tinggi: 25-38 cm
Berat: 4 hingga 6,5 kilogram (betina) dan 7 hingga 10 kilogram (jantan)

Kucing lain yang cocok dengan anak-anak adalah Ragamuffin. Mirip dengan British Shorthair, Ragamuffin adalah teman yang baik untuk orang yang introvert maupun manula.

Kucing-kucing ini suka berpelukan dan menikmati banyak waktu bermain dengan orang favorit mereka, jadi berinvestasilah dalam mainan. Karena kecenderungan mereka untuk mencintai dan percaya dengan mudah, sangat disarankan untuk memelihara Ragamuffin sebagai kucing dalam ruangan.

7. Ragdoll

Tinggi: 22-27 cm
Berat: 5 sampai 7,5 kilogram (betina) dan 7,5 hingga 10 kilogram (jantan)

Sebagai salah satu ras kucing yang paling penyayang, Ragdoll sangat ideal untuk orang-orang dengan anak-anak atau mereka yang membutuhkan kucing terapi yang penuh kasih. Tidak seperti British Shorthair, kucing ini senang digendong dan dibawa-bawa.

Untuk menghindari obesitas, libatkan mereka dalam waktu bermain interaktif. Mata biru cerah adalah fitur yang menakjubkan dari kucing besar ini.

8. Savannah

Tinggi: 25-43 cm
Berat: 5,5 sampai 10 kilogram (betina) dan 6,5 sampai 11,5 kilogram (jantan)

Menurut Guinness Book of World Records, tiga pemenang Kucing Domestik Tertinggi terbaru adalah kucing Savannah. Kucing ini memiliki tubuh panjang dan kurus.

Dikembangbiakkan dengan menggabungkan kucing domestik dengan serval Afrika liar, tidak heran hewan pemberani ini memiliki energi yang banyak. Kucing Savannah menyukai tempat bertengger tinggi dan petualangan baru.

9. Siberian

Tinggi: 25-30 cm
Berat: 6 hingga 10 kilogram

Dipuji karena kekuatan fisiknya, kucing ini juga bertubuh besar. Berasal dari Rusia, bulu panjang tiga lapisnya memberikan kehangatan dan perlindungan.

Kucing Siberia yang memiliki sifat lembut menikmati waktu bermain yang teratur dengan keluarga mereka.


10. Turkish Van

Tinggi: 25-35 cm
Berat: 5 hingga 10 kilogram

Kucing Turkish Van memiliki banyak kepribadian. Kucing aktif ini terus bergerak, mencari petualangan berikutnya.

Setiap mainan dengan komponen tantangan mental membantu kucing ini menghindari kebosanan. Bersiaplah untuk melihat mereka di atas rak buku, karena kucing ini menyukai ketinggian.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/24/072900176/10-ras-kucing-bertubuh-besar-tapi-ramah-dan-penyayang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke