Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Mempercantik Ruang Kerja

JAKARTA, KOMPAS.com- Semenjak pandemi Covid-19, kita lebih banyak menghabiskan waktu bekerja di rumah daripada di kantor.

Untuk menghindari kejenuhan saat bekerja di rumah, kamu bisa mendekorasi meja atau ruang kerja dengan tanaman hias.

Misalnya, meletakkan tanaman hias yang mudah dirawat di sudut ruangan maupun meja kerja.

Mendekorasi ruang kerja dengan tanaman bisa menaikkan mood bekerja dan meningkatkan produktivitas.

Melansir dari Simplify Plants, Jumat (23/7/2021), berikut ini pilihan tanaman hias untuk mempercantik serta menyegarkan ruang kerja di rumah.

Anggrek

Tanaman anggrek merupakan salah satu pilihan tanaman hiasan yang umum ditemui di rumah, hotel, maupun kantor. Tanaman ini memiliki bunga yang cantik dengan warna dan jenis beragam.

Selain menawan, bunganya juga menambah kesan eksotis pada ruang kerja dan perawatannya cukup mudah.

Anggrek tidak menyukai cahaya matahari langsung karena bisa membuat tanaman stres dan daun berubah menjadi kuning sehingga aman diletakkan di dalam ruangan atau meja kerja.

Jika ingin anggrek berumur panjang, sebaiknya menyiram anggrek pada pagi hari dan jangan biarkan akarnya kering.

Bonsai ficus

Banyak sekali pilihan bonsai yang cocok untuk ditaruh di ruang kantor, salah satunya tanaman bonsai ficus. Tanaman ini memiliki batang berbentuk huruf ‘S’ dengan daun oval yang mengkilap.

Setidaknya, ada 800 jenis tanaman ficus. Namun, pada jenis bonsai ficus, karakteristik khususnya ialah memiliki akar udara dari batangnya dan memiliki daun yang berumur panjang.

Jika ruang kerja mendapatkan sedikit cahaya matahari, bonsai ficus bisa jadi pilihan terbaik karena dapat tumbuh subur di tempat teduh dan minim cahaya. Kamu hanya perlu menyiram tanaman saat tanah benar-benar kering.

Sukulen memiliki daun kecil yang tebal dan batang yang digunakan untuk menampung persediaan air.

Karena tanaman ini menyimpan air dan tahan dengan udara kering, kamu bisa menempatkannya di ruang kerja tanpa perawatan sulit.

Hindari menyirami sukulen dengan banyak air banyak karena dapat menyebabkan akar membusuk.

Lidah mertua

Dikenal pula dengan sebutan Sansevieria, tanaman lidah mertua adalah sukulen berdaun hijau yang tingginya bisa mencapai 3,6 meter.

Tanaman ini memiliki daun yang tumbuh dengan rapi sehingga menarik sangat cocok diletakkan di ruang kerja.

Selain itu, lidah mertua juga dapat mengikat racun udara di ruangan kerja, mengubah karbon dioksida menjadi oksigen pada malam hari, dan mengikat alergen di udara.

Untuk penyiraman, hanya boleh dilakukan saat udara terlalu kering. Kamu bisa menyemprotkan air dengan botol spray untuk memberikan sirkulasi udara yang baik disekitar tanaman.

Rex Begonia

Untuk kesan ruangan yang tropikal, kamu bisa menambahkan tanaman hias rex begonia di ruang kerja.

Sebaiknya, meletakkan begonia di tempat dengan sinar matahari yang cukup guna merangsang pertumbuhan daun dan membuat warna daun yang vibrant.

Tanaman begonia menyukai tanah lembap, tapi jangan sampai membiarkan air menggenang di pot. Hindari menyemprot begonia dengan botol spray karena dapat meninggalkan bercak putih pada daun.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/23/204500476/5-rekomendasi-tanaman-hias-untuk-mempercantik-ruang-kerja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke