Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Tips Penggunaan Kombinasi Dua Warna Cat untuk Kamar Tidur Sempit

JAKARTA, KOMPAS.com- Kombinasi dua warna cat dalam satu ruangan kini sedang digandrungi masyarakat khususnya pecinta interior design. Selain unik, kombinasi dua warna ini juga apik digunakan dalam kamar tidur ukuran sempit.

Selain memberikan efek unik dan khas, kombinasi dua warna ini juga menciptakan kesan ruangan yang artsy dengan menonjolkan bagian-bagian tertentu dalam kamar.

Cara ini cocok untukmu yang bosan dengan warna dinding satu warna dan ingin memperbarui tampilan kamarmu.

Melansir dari Mansion Global, Jumat (2/7/2021) berikut ini tips mengecat kombinasi dua warna cat untuk kamar tidur sempit.

1. Pilih kombinasi warna dengan hati-hati

Kombinasi warna ini tak harus dari warna bergradasi. Kombinasi warna kontras untuk kamar tidur sempit juga bisa dipilih untuk memunculkan furnitur unik dalam kamar, seperti lukisan atau jendela dan pintu kamar.

Selain warna kontras terang, kamu juga bisa mengombinasikan warna-warna pastel dan monokromatik.

Namun, ada rumus atau formula yang bisa kamu coba saat memadukan dua warna berbeda dalam kamar agar ruangan tidak terlihat penuh.

Formula yang aman adalah 70 persen untuk dinding, 20 persen untuk trim, dan 10 persen untuk sebuah warna aksen.

Selain mengecat dinding dengan dua warna berbeda di setiap sisinya, kamu juga bisa mempraktikkan mengecat dinding bagian atas dan bawah dengan dua kombinasi warna.

Teknik ini awalnya dirancang untuk menyembunyikan goresan dari bekas furnitur yang membekas di dinding bagian bawah.

Warna gelap pada dinding bagian bawah membuat tampilan kamar jadi lebih alami, sedangkan warna terang di bagian atas membuat kamar terkesan lebih tinggi.

Penggunaan dua warna cat yang tepat dalam satu ruangan dapat menambah keanggunan atau kontras visual yang berdampak pada keseluruhan nuansa ruangan.

Namun, mengecat dinding dengan dua warna juga butuh strategi tergantung tujuan.

Misalnya, kamu ingin mengecat salah satu dinding dengan warna berbeda karena ingin menonjolkan koleksi lukisan atau fotomu di tembok tersebut.

Menggunakan warna kontras seperti putih dan hitam atau abu dan biru gelap.

Tapi, jika kamu ingin menonjolkan sisi arsitektural ruangan, maka kamu dapat mengombinasikan dua warna dengan cat dinding dan furnitur.

Contohnya, mengecat pintu, ranjang, hingga sentuhan detail furnitur lainnya pada ruangan untuk memberikan kesan artsy.

4. Pertimbangkan efek ruangan setelah dicat

Warna yang lebih terang akan memberikan ilusi ruang dan warna yang lebih gelap akan membuat ruangan terasa lebih kecil dan nyaman.

Tak hanya itu, dengan menggunakan warna monokromatik menciptakan efek yang lembut dan imersif.

Untuk opsi netral, cat bagian bawah setengah ruangan dengan warna dinding abu-abu gelap dan setengah bagian atas dengan warna yang lebih sejuk.

Pemilihan cat dinding yang kontras dan berani, gunakan warna merah ceri di samping warna yang lebih lembut dan lebih halus.

Cobalah bermain dengan sisi berlawanan dari roda warna, seperti biru dan oranye, untuk kombinasi yang tidak terduga.


Warna yang bersebelahan pada roda warna, seperti hijau dan biru atau merah dan oranye, akan menciptakan efek full color pada ruangan.

Saat memilih dua warna untuk satu ruangan, penting untuk memilih salah satu yang berwarna putih atau lebih netral agar tidak bersaing atau bentrok dengan warna aksen.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/02/122600976/3-tips-penggunaan-kombinasi-dua-warna-cat-untuk-kamar-tidur-sempit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke