Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Cara Menempelkan Poster Tanpa Merusak Cat Dinding

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain karya seni, poster dapat menjadi tambahan elemen dekorasi yang bagus di dinding yang kosong.

Akan tetapi, agar poster terlihat baik, Anda perlu memastikan bahwa Anda menggantungnya dengan benar, dan tidak terlihat beberapa selotip bening di sudutnya.

Jadi, bagaimana cara menggantung poster agar terlihat bagus dan tetap pada tempatnya?

Melansir dari The Spruce, Jumat (2/7/2021), ada cara untuk melakukannya agar poster terlihat baik dan tidak ada tempelen selotip maupun paku payung di bagian sudut, yakni sebagai berikut.

1. Siapkan poster

Dengan tangan yang bersih, keluarkan poster Anda dari tabung dan letakkan di atas permukaan datar dengan sisi yang dicetak menghadap ke atas.

Untuk menghilangkan kerutan di sudut, tempatkan beberapa barang seperti buku di masing-masing dari empat sudut selama beberapa jam, atau lebih lama jika diperlukan.

Jika poster Anda sudah rata, dan terbuat dari bahan yang lebih berat seperti plastik keras, atau jika sudah dibingkai, Anda dapat melewati langkah ini.

2. Pilih tempat

Putuskan di mana Anda ingin menggantung poster. Di mana saja baik-baik saja, meskipun yang harus diketahui adalah hindari menggantung poster terantung di jalur sinar matahari langsung, karena memungkinkan poster tersebut akan memudar seiring waktu.

Pilih dinding yang mulus sehingga poster bisa tertempel dengan sempurna.

3. Pilih metode perekat

Anda memiliki berbagai pilihan dalam hal perekat yang dapat dilepas untuk menggantung poster berbingkai atau tidak berbingkai.

Pita bening standar atau selotip merupakan pilihan yang termurah, namun, hal itu tidak dirancang untuk dilepas, jadi akan berisiko mengelupas cat dari dinding bersama dengan poster tersebut jika dilepas.


Oleh karena itu, ada baiknya menempelkan perekat yang memang khusus untuk dilepas, karena dibuat dengan formula khusus yang akan jauh lebih bersih dari dinding.

Tips untuk melepas perekat poster

Saat tiba waktunya untuk melepaskan poster, Anda harus berhati-hati untuk tidak membuat cat mengelupas dari dinding. Untungnya, ada produk perekat dirancang mudah untuk dilepas. Berikut cara menghilangkan residu lengket yang tersisa di dinding.

Gunakan cuka dan air hangat: Buat larutan 50:50 dari cuka putih atau sari buah apel dan air hangat dalam botol semprot. Semprotkan ke sisa perekat dan diamkan selama beberapa menit, lalu gunakan spons lembut untuk menyeka sisa residu dari dinding dengan hati-hati.

Gunakan cairan pencuci piring dan air panas: Isi botol semprot dengan air panas dan tambahkan beberapa tetes cairan pencuci piring. Kocok lalu semprotkan pada sisa perekat.

Biarkan beberapa menit, lalu gunakan spons lembut untuk menyeka sisa residu.

Gunakan penghapus perekat komersial: Ada beberapa produk yang dirancang untuk menghilangkan residu lengket bekas poster. Semprotkan, biarkan sebentar untuk mulai bekerja, lalu bersihkan dengan handuk kertas bersih.

Jika Anda mengikuti rute ini, pastikan produk komersial yang Anda beli aman untuk cat.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/02/114700276/simak-cara-menempelkan-poster-tanpa-merusak-cat-dinding

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke